Media pembelajaran video dapat meningkatkan minat belajar siswa karena memiliki banyak kreativitas didalam penyajian untuk dapat menarik perhatian bagi penontonnya (Wulandari, 2020). SMK merupakan salah satu jenjang pendidikan yang sangat memerlukan adanya fasilitas media pembelajaran video tutorial karena proses pembelajarannya lebih banyak mengasah Keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan media pembelajaran video tutorial pada capaian pembelajaran rias wajah sikatri di jurusan tata kecantikan kulit dan rambut SMKN 8 Surabaya dan memfasilitasi media pembelajaran untuk peserta didik SMKN 8 Surabaya terutama yang memiliki gaya belajar audio-visual dan penyandang disabilitas.Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D (Research & Development) Borg and Gall yang sudah diadaptasi menjadi 6 tahapan dari 10 tahapan, yaitu : 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi desain, 6) Uji coba produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII KC 2 di SMKN 8 Surabaya yang telah memeproleh materi rias wajah sikatri. Hasil penelitian diperoleh bahwa : 1) Proses tahapan pengembangan menghasilkan suatu media pembelajaran video tutorial dengan menggunakan R&D Borg and Gall dan telah melalui tahap validasi ahli serta penguatan hasil dari respon siswa, 2) Kualitas kelayakan media pembelajaran video tutorial memperoleh total rata-rata keseluruhan aspek 4,71 dan dikategorikan “sangat baik”, 3) Respon siswa memperoleh total skor nilai 4,72 dan dikategorikan “sangat baik”, 4) Tes hasil belajar keterampilan (praktik) siswa kelas XII KC 2 baik secara individu maupun klasikal yang digunakan sebagai subjek penelitan 100% tuntas. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan media pembelajaran video tutorial pada capaian pembelajaran rias wajah sikatri dapat dikatakan layak untuk diterapkan pada proses pembelajaran.
Video learning media can increase student learning interest because it has a lot of creativity in presentation to be able to attract the attention of the audience (Wulandari, 2020). Vocational High School is one of the levels of education that really needs video tutorial learning media facilities because the learning process is more about honing skills. This study aims to create and develop video tutorial learning media on the learning outcomes of sikatri makeup in the skin and hair beauty department at SMKN 8 Surabaya and facilitate learning media for students at SMKN 8 Surabaya, especially those with an audio-visual learning style and people with disabilities. This research is a type of Borg and Gall R&D (Research & Development) development research which has been adapted into 6 stages out of 10 stages, namely: 1) Potentials and problems; 2) Data collection; 3) Product design; 4) Design validation; 5) Design revisions; 6) Product trials. The subjects of this study were students of class XII KC 2 at SMKN 8 Surabaya who had obtained sikatri makeup material. The results of the study showed that: 1) The development stage process produces a video tutorial learning media using Borg and Gall R&D and has gone through the expert validation stage and strengthened the results of student responses, 2) The feasibility quality of tutorial video learning media obtained a total average of 4,71 in all aspects and was categorized as "very good", 3) Student responses obtained a total score of 4,72 and were categorized as "very good", 4) The test results of learning skills (practice) of class XII KC 2 students both individually and classically used as research subjects 100% complete. Based on the results of the research, the development of tutorial video learning media on the learning outcomes of sikatri makeup can be said to be feasible to apply to the learning process.