THE SUITABILITY OF YOUTUBE LEARN GERMAN ANIMATED VIDEO MATERIAL AS A MEDIUM OF LEARNING GERMAN LISTENING SKILLS GRADE XI
Keterampilan menyimak adalah kemampuan yang diperlukan untuk berkomunikasi dan berinteraksi, serta untuk mencapai tujuan pembelajaran. Namun, pembelajaran menyimak terkadang masih dilakukan secara konvensional. Penggunaan media dapat menjadi alternatif bagi pendidik dalam proses pembelajaran. Saat ini, media audio visual dapat dengan mudah diakses melalui internet dan aplikasi digital pada perangkat gawai, salah satunya adalah YouTube. Salah satu kanal YouTube yang aktif menyediakan video pembahasan materi Bahasa Jerman adalah Learn German. Learn German membahas tema Wohnung atau tempat tinggal. Terdapat 6 video dengan tema Wohnung atau tempat tinggal dengan tingkatan Bahasa A1-A2. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesesuaian video animasi YouTube dari Learn German, khususnya tema Wohnung, sesuai untuk digunakan dalam keterampilan menyimak Bahasa Jerman kelas XI Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas atau sederajat.. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pendekatan secara kualitatif dengan teknik simak catat dan analisis isi. Berdasarkan hasil analisis, dinyatakan bahwa video dari enam video terdapat dua video berjudul “Learn German Vocabulary – Mein Haus” dengan nilai 70,7% dan ”Learn German – Das Möbel dengan nilai 69,2%.
Listening skills are essential for communication, interaction, and achieving learning objectives.. However, listening learning is sometimes still conducted conventionally. The use of media can be an alternative for educators in the learning process. Nowadays, audiovisual media can be easily accessed through the internet and digital applications on mobile devices, and one of them is YouTube. One active YouTube channel that provides video discussions on German language materials is "Learn German." "Learn German" discusses the theme of Wohnung or dwelling. There are 6 videos with the theme of Wohnung or dwelling, ranging from level A1 to A2 in the German language proficiency scale. The research question of this study is to determine the suitability of YouTube animation videos from "Learn German," specifically the Wohnung theme, for use in listening skills in the 2013 curriculum for grade 11 in Senior High School or its equivalent. The method used in this research is a qualitative approach with note-taking and content analysis techniques. Based on the results of the analysis, it is stated that out of six videos, there are two videos entitled "Learn German Vocabulary - Mein Haus" with a score of 70.7% and "Learn German - Das Möbel" with a score of 69.2%.