Penguasaan kosakata merupakan salah satu hal yang
sangat penting dalam pengajaran bahasa. Bukan hanya penguasaan kosakata,
penggunaan media juga dapat membantu seseorang ketika ia belajar bahasa. Media
roda keberuntungan digunakan peneliti dalam pembeljaran untuk mempermudah siswa
dalam penguasaan kosakata dan menyusun kalimat bahasa Mandarin.
Penelitian
ini memiliki 3 rumusan masalah yaitu (1) bagaimana penerapan permainan roda keberuntungan dalam pembelajaran kosakata
dan kalimat bahasa Mandarin, (2) bagaimana pengaruh penerapan
permainan roda keberuntungan terhadap penguasaan kosakata dan kemampuan menyusun kalimat
bahasa Mandarin, dan (3) bagaimana respon siswa terhadap penerapan permainan roda keberuntungan dalam
pembelajaran kosakata dan menyusun
kalimat bahasa Mandarin.
Peneliti
menggunakan desain penelitian eksperimen yaitu Pre Exsperimental Designs yang berjenis One Group Pretest-Postest Design. Populasi dan sampel Penelitian ini
adalah siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 3 Lamongan tahun ajaran 2017/2018
dengan jumlah keseluruhan 20 siswa terdiri dari siswa 8 laki-laki dan 12 siswa perempuan.
Berdasarkan
hasil analisis data aktivitas guru dan siswa dalam penggunaan media roda keberuntungan
ini sangat lebih efektif, ketika pembelajaran sedang berlangsung. Siswa lebih bersemangat
dan lebih aktif dalam pembelajaran. Hasil persentase aktivitas guru pada pertemuan
pertama sebesar 69,7 % termasuk dalam kriteria baik yakni berkisar 61-80 % dan pertemuan
kedua sebesar 95,45 % termasuk dalam kriteria baik sekali yakni berkisar 81-100
%. Sedangkan hasil persentase aktivitas siswa pertemuan pertama sebesar 84,8 % dan
pertemuan kedua sebesar 100% yakni termasuk dalamkriteria baiksekali yakni berkisar
81-100 %.
Berdasarkan
analisis data penyusunan kalimat diperoleh harga tₒ = 2,1, dan db = 19, dapat diketahui
hargat ts 0,05 = 1,76 menunjukkan t lebih besar daripada t tabel (1,76 <
6,85 ). Dengan demikian analisis data hasil belajar siswa kelas XI Bahasa terhadap
penguasaan kosakata dan penyusunan kalimat bahasa Mandarin dengan menggunakan
media roda keberuntungan memiliki perbedaan signifikasi.
Berdasarkan
hasil analisis angket respon siswa diketahui bahwa enam aspek yang terdapat dalam
angket respon siswa keseluruhan memperoleh persentase berkisar antara 81%-100%
yang termasuk dalam kriteria baik sekali. Jadi dapat disimpulkan bahwa media
roda keberuntungan mendapat respon positif siswakelas XI Bahasa SMA Negeri 3
Lamongan