LAYANAN LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM MEMBANGUN KEPUASAN WALI MURID DI RA A1 AL-ALY
SUKOMORO NGANJUK
THE SERVICE OF EDUCATIONAL INSTITUTIONS TO BUILD THE SATISFACTION OF PARENTS IN RA A1 AL-ALY SUKOMORO NGANJUK
Layanan menjadi salah satu hal penting dalam mengelola
lembaga terutama untuk tumbuh kembang anak usia dini.
Kualitas Lembaga pendidikan di sebuah PAUD mempengaruhi
persepsi orang tua untuk membangun kepercayaan dan
kepuasan orangtua dalam mengambil keputusan untuk
memasukkan anak ke dalam lembaga PAUD. Tujuan penelitian
ini adalah 1) Mendeskripsikan pelaksanaan layanan Lembaga
pendidikan, dan 2) Mengkaji dan menganalisis kualitas layanan
pendidikan dalam membangun kepuasan wali murid.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah ketua yayasan,
kepala sekolah, guru dan wali murid. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan
dokumentasi. Teknik analisis data melalui Reduksi data,
penyajian data, verifikasi dan simpulan. Uji keabsahan data
menggunakan uji kredibilitas, uji depandabilitas, dan uji
konfirmabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kualitas
layanan yang diberikan RA A1 Al-Aly sudah bagus. Terbukti
dengan aspek tangiable yaitu sekolah memiliki sarana-prasarana
dan lokasi sekolah yang strategis, competence yaitu sekolah
memiliki guru dan pegawai yang berkomitmen serta
melaksanakan tugas dengan baik, courtesy yaitu guru bersifat
ramah dan bersahabat, communication yaitu informasi dari
sekolah bisa diakses dengan mudah baik, dan responsivenes yaitu
guru atau pegawai merespon dengan baik ketika ada wali murid
yang membutuhkan bantuan. Kedua, terbangunnya kepuasan
wali murid. Terbukti mutu produk yang diberikan baik karena
menjadi salah satu sekolah berbasis agama terbaik di kecamatan,
harga di sekolah tersebut tergolong murah, service quality yaitu
memiliki kualitas layanan baik , emotional factor yaitu dengan
menyekolahkan anak di sekolah berbasis agama dan menjadi
satu-satunya sekolah tahfidz tingkat RA di kecamatan
menjadikan wali murid bangga, dan kemudahan dalam
mengakses informasi perkembangan anak dan tersedianya
program pengembangan bakat minat anak mampu membangun
kepuasan.
The service is important for managing educational
institutions especially early childhood. The quality of education
institutions in an early childood education will also affect how
their parent‟s perception and will influence the trust and
satisfaction of parent in making decisions to include children in
the institution. The purpose of this study is 1) to describe the
implementation of educat ional services, and 2) review and
analyze the quality of educational services in building parental
satisfaction.
This research use desrciptive qualitative approach. The
subjects in this study were the foundation‟s president, the headmaster, techers and parents. Data collection techniques using
in-depth interviews, participant observation, and documentation.
Data analysis techniques through data reduction, data
presentation, verification and conclusions. Data validity test uses
the credibility test, the dependability test, and the confirmability
test.
The result of this study indicate that: First, the quality of
sevice provided at RA A1 Al-Aly Sukomoro is good overall. This
is proven by the tangiable aspects are the school has
infrastructure and strategic school location, competence namely
the school has teachers and employees who are commited and
carry out their duties properly, courtesy namely the theacher has
a friendly attitude, communication that is information from the
school can be accessed easily, and responsivenss that is the
teacher or employee responds well. Second, the development of
parental satisfation. This is proven by the aspect product quality
provided because it is one of the best faith-based schools in the
district, the price at the school is easly accessible to the lower
middle class, service quality thats is good quality, emotional
factor namely by sending their children to religion school and
becoming the only one tahfidz school at RA level to make parents
proud. and ease of accessing information on child development
and the availability of talent development programs that interest
children to build satisfaction.