Penelitian ini mengembangkan sebuah platform pembelajaran dan curah Gagasan kewirausahaan berbasis website dengan untuk menghasilkan sebuah ide bisnis (value proposition). Penelitian ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut: (1) Apakah dengan menggunakan platform pembelajaran dengan fitur curah gagasan ini mahasiswa dapat mencetuskan ide usaha (value proposition) yang reliable? (2) Apakah platform pembelajaran berbasis web layak sebagai media pembelajaran mata kuliah kewirausahaan? Penelitian ini menggunakan metode R&D (Reseach and Development). Dengan modifikasi menjadi 6 tahap pengembangan. Penelitian yang dilakukan berupa sebuah platform pembelajaran kewirausahaan berbasis website dengan fitur utama media pembelajaran dan media curah gagasan. Platform pembelajaran ini diujicobakan secara acak kepada 21 kelompok (2-3 orang) dari tujuh fakultas yang ada di Universitas Negeri Surabaya dengan cara memberikan gagasan-gagasan pada formulir yang telah disediakan pada media dan secara mandiri (hanya berpanduan pada video panduan) yang secara tidak langsung memvisualisasikan ide dan gagasan yang berkaitan dengan value proposition. Di akhir bagian responden dituntut untuk menyimpulkan gagasan-gagasan yang telah di inputkan sebelumnya menjadi sebuah kalimat value proposition. Kemudian hasil curah Gagasan berupa kalimat value proposition diuji tingkat kevalidannya oleh ahli bidang kewirausahaan dengan berdasarkan pada jurnal karya Finkelstein dan Lawton tahun 2007. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Berdasarakan analisis penilaian hasil curah Gagasan menggunakan media platform startup.unesa.ac.id dengan mengacu pada rubik penilaian hasil output produk dihasilkan persentase hasil sebesar 77.30% (valid). sehingga dapat disimpulkan bahwa mahasiswa responden dapat mencetuskan ide usaha (value proposition) yang reliable. (2) Berdasarkan hasil analisis penilaian materi yang telah di validasi oleh dua dosen pengampu matakuliah kewirausahaan Teknik Informatika Unesa menunujukkan hasil persentase 87,00% (sangat valid).
Kata Kunci: Curah gagasan, Platform pembelajaran, Value Proposition
This research was conducted to develop a website-based entrepreneurial learning and discussion platform by generating business ideas (value proposition). The formulation of the problem of this research are: (1) Does using a learning platform with brainstroming discussion features students can trigger a reliable business proposition (value proposition)? (2) Is the web-based learning platform feasible as a learning media for entrepreneurship courses? The research method used is Reseach and Development (R&D) with modifications to 6 development step.. The research was in the form of a website-based entrepreneurship learning platform with the main features of learning media and brainstorming media. This learning platform was randomly piloted to 21 groups (2-3 people) from seven faculties at Surabaya State University by giving ideas on the forms provided on the media and independently (only guided by the video guide) which did not directly visualize ideas and ideas related to the value proposition. At the end of the section respondents are required to conclude ideas that have been inputted beforehand into a value proposition sentence. Then the results of brainstorming in the form of a value proposition sentence were tested for their validity by entrepreneurship experts based on the 2007 journal Finkelstein and Lawton. The results of this study indicate that: (1) Based on the assessment analysis, the results of the discussion using the media platform startup.unesa.ac.id with the approval of the results of the evaluation of the resulting product is 77.30% (valid). So that it can be denied that students can trigger a business idea (value proposition) that can be relied upon. (2) Based on the results of the analysis, the material that has been validated by two Unesa Informatics Engineering entrepreneurship lecturers shows the percentage results of 87.00%.
Keywords: Brainstroming, Learning Platform, Value Proposition