PERAN ART THERAPY UNTUK MENANGANI HAMBATAN KOMUNIKASI EKSPRESIF PADA ANAK DENGAN SPEKTRUM AUTIS
THE ROLE OF ART THERAPY TO OVERCOME BARRIERS TO EXPRESSIVE COMMUNICATION IN CHILDREN WITH THE AUTIST SPECTRUM
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan dari penerapan art therapy untuk menangani hambatan komunikasi pada anak-anak autisme yang memiliki beraneka macam permasalahan. Dengan menggunakan metode kajian pustaka dengan pengumpulan data yaitu metode dokumentasi. Lalu untuk teknik analisis data menggunakan analisis data isi. Untuk menjaga ketepatan pengkajian dan mencegah kesalah pahaman informasi dalam analisis data, maka dilakukan pengecekan antar pustaka dan membaca ulang pustaka . Hasil dari penelitian ini adalah art therapy dapat membantu untuk menangani hambatan komunikasi pada anak autis apabila dalam pelaksanaan intervensinya memperhatikan karakteristik dan kebutuhan anak, cermat dalam pemilihan media dan kegiatan, dan juga pengaturan struktur ruangan yang sesuai. Hal-hal tersebut akan dapat banyak membantu anak autis lebih fokus dalam pelaksanaan intervensi sehingga anak akan mampu untuk menangani hambatan komunikasi yang mereka alami dengan kata lain anak autis akan berubah menjadi lebih baik dari keadaan sebelumnya.
This study aims to determine the success of the application of art therapy to overcome communication barriers in children with autism who have various kinds of problems. By using the literature review method with data collection, namely the documentation method. Then for data analysis techniques using content data analysis. To maintain the accuracy of the assessment and prevent misunderstanding of information in data analysis, inter-library checking and re-reading of the literature were carried out. The results of this study are art therapy can help to overcome communication barriers in autistic children if in the implementation of the intervention attention to the characteristics and needs of children, careful selection of media and activities, and also the appropriate arrangement of room structures. These things will be able to help autistic children to focus more on implementing interventions so that children will be able to deal with the communication barriers they experience, in other words, autistic children will change for the better than the previous situation.