ABSTRAK
Artiningsih, Atik 2019 Pengaruh Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dengan Media Gambar Terhadap Motivasi dan
Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas 2 SDN Tropodo 2, Tesis
Pragaram Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri
Surabaya. Pembimbing (1) Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd, dan (II) Dr. Harmanto.
M.Pd
Kata
kunci :
Model Pembelajaran Kooperatif scramble,
observasi, kontrol, eksperimen, Motivasi, Hasil Belajar .
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Scramble dengan media
gambar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas 2 sekolah dasar.
Penelitian ini dilakukan di SDN Tropodo 2 Waru Kabupaten Sidoarjo pada tahun
pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif, jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain nonequivalent (pretest and posstest)contril group design. Penelitian
ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel
penelitian ini kelas 2A sebagai kelas eksperimen dan 2B sebagai kelas kontrol.
Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi motivasi dan tes hasil
belajar. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas mepakai uji chi-square atau Chi-kuadrat , uji homogenitas kolmogorov-Smirnov , dan uji
hipotesis sample t-tes
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada
pengaruh modeh pembelajaran kooperatif
tipe scramble dengan media gambar terhadap motivasi dan hasil belajar
sisiwa kelas 2 sekolah dasar. Nilai normalized
gain motivasi belajar kelas
ekasperimen adalah 0.174 dan kelas kontrol adalah 0.115 nilai normalized gain hasil belajar siswa
kelas eksperimen adalah 0.192.dan kelas kontrol adalah 0.141 hasil uji independent samples t-tes motivasi menunjukkan bahwa thitung
sebesar 7,845 >ttabel sebesar 1.677. hasil uji independent samples t-tes hasil belajar menunjukkan bahwa nilai
thitung sebesar 5,254 > ttabel sebesar 1.677. sehingga
dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif
tipe scramble dengan media gambar berpengaruh terhadap motivasi dan hasil
belajar siswa kelas 2 sekolah dasar. Saran (1)
guru seharusnya menerapkan model pembelajaran kooperatif tip e scramble dengan
media gambar siswa dapat menyampaikan ide – idenya sehingga siswa akan lebih termotivasi
dalam proses pembelajaran dan dalam pencapaian hasil belajar IPS lebih
meningkat (2) Penggunaan model pembelajaran kooperatif
tipe scramble hendaknya memberikan tambahan alokasi waktu, memberikan
alasan tertulis tentang tujuannya, karena melatih siswa untuk berkreasi dalam
menyusun kata, potongan kata menjadi kalimat, memotivasi siswa mengenai
pentingnya kerjasama