PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL MATERI BENDA DAN KEGUNAANNYA GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
DEVELOPMENT OF INTERACTIVE MEDIA BASED ON WORDWALL MATERIAL OBJECTS AND THEIR USES TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES OF GRADE III ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS
Pembelajaran IPA adalah pembelajaran yang didalamnya terfokus mengamati alam serta interkasi yang ada didalamnya. Dengan perkembangan teknologi yang luar biasa sekarang, sangat penting memasukkan teknologi ke dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah dengan penggunaan berbagai platform interaktif di dalam pembelajaran, yakni dapat berbentuk media pembelajaran yang berperan sebagai saluran penyebaran pengetahuan untuk meningkatkan akses siswa terhadap pembelajaran berkualitas tinggi. Akan tetapi, berdasarkan hasil observasi ditemukan beberapa masalah terkait minimnya pengalaman dalam membuat media pembelajaran, pembelajaran konvensional yang hanya menggunakan metode ceramah, serta guru hanya menggunakan buku paket dan papan tulis ketika memaparkan materi. Hal tersebut menyebabkan peserta didik kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran sehingga mempengaruhi pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang kreatif serta menarik seperti Wordwall yang memuat fitur animasi dan kuis yang dikombinasikan, Selain itu aplikasi wordwall memiliki gambar, audio, animasi dan permainan interaktif yang menarik minat siswa dengan kelebihan yang dimiliki yaitu aplikasi ini tidak membutuhkan biaya untuk fitur dasar. Banyak fitur edukasi yang tersedia, Selain itu siswa yang terkendala jaringan dapat menggunakan Media Wordwall dalam bentuk PDF. Media wordwall dapat digunakan pada proses pembelajaran tatap muka (PTM) dan juga dapat digunakan pada dalam pandemi atau pembelajaran daring.
Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengembangkan media interaktif berbasis Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan R&D dengan model intruksioanal ADDIE yang terdiri dari lima fase yakni yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil dari validasi media pembelajaran berbasis Wordwall ini mendapatkan 92,86% untuk validasi materi, 95% untuk validasi media yang termasuk dalam kategori “Sangat Valid”. Kedua, media memperoleh hasil kepraktisan sebesar 92,35% dari perhitungan angket siswa dan 96,42% dari perhitungan angket guru yang termasuk dalam kategori “Sangat Praktis”. Ketiga, efektivitas media pembelajaran berbasis Wordwall terlihat dari hasil nilai keefektifan sebesar 96,15% dan mendapatkan nilai n-gain sebesar 0,66 dengan kategori “Sangat efektif”. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Wordwall sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: pembelajaran IPA, materi benda dan kegunaanya, media interaktif, wordwall.
Science learning is learning that focuses on observing nature and the interactions within it. With the tremendous development of technology today, it is imperative to incorporate technology into our daily lives. One of them is the use of various interactive platforms in learning, which can be in the form of learning media that acts as a channel for disseminating knowledge to increase students' access to high-quality learning. However, based on the observation, there are several problems related to the lack of experience in making learning media, conventional learning that only uses the lecture method, and teachers only use textbooks and blackboards when presenting material. This causes students to be less actively involved in the learning process so that it affects the low learning outcomes of students. So that creative and interesting learning media is needed such as Wordwall which contains animation and quiz features combined with the learning process. In addition, the wordwall application has images, audio, animations and interactive games that attract students' interest with the advantage that this application does not require fees for basic features. Many educational features are available, In addition, students who are constrained by the network can use Wordwall Media in PDF format. Wordwall media can be used in the face-to-face learning process and can also be used during a pandemic or online learning.
The purpose of this research is to develop interactive media based on Wordwall to improve the learning outcomes of third grade elementary school students. The type of research used is R&D development research with the ADDIE instructional model which consists of five phases, namely analysis, design, development, implementation and evaluation. The results of the validity of this Wordwall-based learning media get 92,86% for material validation, 95% for media validation which is included in the "Very Valid" category. Second, the media obtained practicality results of 92,35% from the calculation of student questionnaires and 96,42% from the calculation of teacher questionnaires which were included in the "Very Practical" category. Third, the effectiveness of Wordwall-based learning media can be seen from the results of the effectiveness value of 96.15% and getting an n- gain value of 0.66 in the "Highly effective" category. Based on the results of the study, it shows that Wordwall-based learning media is very feasible to use in learning.
Keywords: science learning, material objects and their uses, interactive media, wordwall.