Studi tentang Regulasi Emosi pada Santri di SMA Al Muqoddasah
The Study of Emotional Regulation on Students at Al Muqoddasah High School
Penelitian ini bertujuan mengetahui secara empiris regulasi emosi yang dimiliki oleh santri di SMA Al Muqoddasah, yang berfokus pada aspek regulasi emosi, faktor yang memengaruhi regulasi emosi, serta kesabaran santri. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi. Subjek dari penelitian ini adalah satu santri laki-laki dan satu santri perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah adanya perbedaan aspek dan faktor regulasi emosi yang dimiliki oleh kedua santri, serta kesabaran dalam mengahadapi masalah yang ada. Penelitian ini memberikan gambaran tentang aspek regulasi emosi, faktor yang memengaruhi regulasi emosi, serta kesabaran santri sebagai bentuk dari regulasi emosi positif santri dalam menghadapi masalah yang dimilikinya.
This study aims to empirically determine the emotional regulation of students at Al Muqoddasah High School, which focuses on the aspects of emotional regulation, factors that influence emotional regulation, and the patience of students. This research was conducted with a qualitative approach with a phenomenological research design. The subjects of this study were one male student and one female student. The data collection technique is done by interview and documentation methods. Meanwhile, data analysis was performed using data reduction techniques, data presentation, verification, and conclusion drawing. The results of this study are the differences in aspects and emotional regulation factors possessed by the two students, as well as patience in dealing with existing problems. This study provides an overview of the aspects of emotional regulation, factors that influence emotional regulation, and students' patience as a form of positive emotional regulation of students in dealing with the problems they have.