PENGARUH MEDIA PAPAN JARI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH 4 SIDOARJO
THE EFFECT OF FINGERBOARD MEDIA ON THE ABILITY TO KNOW THE NUMBER OF NUMBERS IN AGES 5-6 YEARS IN TK AISYIYAH 4 SIDOARJO
Nama : Helma Fatria
NIM : 15010684082
Jurusan : PG-PAUD
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dewi Komalasari., S.Pd. M.Pd
Anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah 4 Sidoarjo ketika kegiatan pre-test dan post-test anak belum lancar mengenal bilangan 1-10 , sehingga pada treatment peneliti menggunakan media papan jari yang beda warna, meningkatkan perkembangan kognitif, anak mengenal konsep bilangan tersebut dengan cepat dan dapat mengalihkan perhatian pada anak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelompok B TK Aisyiyah 4 Sidoarjo belum mempunyai media papan jari. Pertama, anak menjadi sulit mengenal konsep bilangan, guru kelompok B di TK Aisyiyah 4 Sidoarjo belum pernah mengikuti pelatihan terkait materi mengenal konsep bilangan. Kedua, pemahaman terhadap peserta didik. Guru kelompok B di TK Aisyiyah 4 Sidoarjo mendampingi anak saat mengerjakan tugas, sehingga anak tidak ramai di kelas. Ketiga, rancangan pembelajaran. Guru kelompok B d TK Aisyiyah 4 Sidoarjo menyusun RPPH di akhir semester. Keempat, pelaksanaan pembelajaran yang melibatkan siswa sebagai subjek. Penggunaan media pembelajaran konsep bilangan yang kurang bervariasi membuat anak bosan dan kurang antusias saat kegiatan belajar mengajar Kelima yakni belum ada penggunaan teknologi berupa media elektronik sebagai media pembelajaran. Keenam yakni penilaian pada proses dan hasil belajar anak. Guru kelompok B di TK Aisyiyah 4 Sidoarjo mendampingi anak saat mengerjakan tugas, sehingga anak tidak ramai di kelas.
Kata kunci: mengenal konsep bilangan, media pembelajaran, guru kelompok
Name : Helma Fatria
Programe : S-1
Departement : Teacher Education Of Early Childhood Education
Institute : Universitas Negeri Surabaya
Adviser : Dewi Komalasari., S.Pd. M.Pd
Children age 5-6 years at TK Aisyiyah 4 Sidoarjo when the pre-test and post-test activities of children not fluently recognize numbers 1-10, so that in the treatment of researchers using a media of different finger boards, improve cognitive development, children recognize the concept of numbers quickly and can distract children.
The results showed that the group B teacher TK Aisyiyah 4 Sidoarjo did not yet have a finger board media. First, children find it difficult to recognize the concept of numbers, group B teachers in TK Aisyiyah 4 Sidoarjo have never attended training related to the material to recognize the concept of numbers. Secondly, understanding students. Group B teachers in TK Aisyiyah 4 Sidoarjo accompany children while doing their work, so that children are not crowded in class. Third, learning design. Teacher group B di TK Aisyiyah 4 Sidoarjo prepares RPPH at the end of the semester. Fourth, the implementation of learning that involves students as subjects. The use of instructional media for the concept of numbers that are less varied makes children bored and less enthusiastic when teaching and learning activities. Fifth, there is no use of technology in the form of electronic media as learning media. The sixth is the assessment of the process and learning outcomes of children. Group B teachers in kindergarten Aisyiyah 4 Sidoarjo accompany children while doing their work, so that children are not crowded in class.
Keywords: recognize the concept of numbers, learning media, group B teacher