Arif,
Muhammad Nur. 2021. Penerapan Aplikasi
Moodle Dengan Exam Browser Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Digital dan
Hasil Belajar Simulasi Komunikasi Digital Secara Online di SMKN 1 Lamongan.
Tesis, Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Pascasarjana,
Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Meini Sondang Sumbawati, M.Pd.
dan (2) Dr. I.G.P. Asto Buditjahjanto, M.T.
Kata Kunci: Aplikasi Moodle dengan Exam Browser, Keterampilan
Literasi, Hasil Belajar, Simulasi Komunikasi Digital .
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hasil
belajar siswa yang diajar menggunakan aplikasi moodle dengan exam browser
secara online dengan siswa yang
diajar menggunakan google classroom
pada mata pelajaran simulasi komunikasi digital di kelas X Multimedia SMKN 1
Lamongan; (2) Mengetahui perbedaan pada keterampilan literasi digital setelah siswa kelas X
Multimedia SMKN 1 Lamongan diajar menggunakan aplikasi moodle dengan exam browser
secara online dengan siswa yang
diajar menggunakan google classroom
pada mata pelajaran simulasi komunikasi digital dan ; (3) Mengetahui interaksi
antara keterampilan literasi digital dengan LMS
(Learning Management System) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran simulasi
komunikasi digital di kelas X Multimedia SMKN 1 Lamongan; dan (4) Mengetahui
respon siswa yang diajar menggunakan aplikasi moodle dengan exam browser
secara online dengan siswa yang
diajar menggunakan google classroom
pada mata pelajaran simulasi komunikasi digital di kelas X Multimedia SMKN 1
Lamongan
Desain penelitian ini adalah desain penelitian
eksperimen kuasi. Pada penelitian ini teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah: (1) wawancara; (2) observasi; (3) tes dan (4)
lembar observasi sikap dan angket respon siswa terhadap aplikasi moodle dan exam browser. Sedangkan untuk analisis data yang
digunakan adalah: (1) Uji normalitas data menggunakan uji Kolmogorov Smirnov Test, (2) Uji
homogenitas data menggunakan uji Levene,
(3) Pengujian hipotesis menggunakan uji Two
Way Anava.
Hasil penelitian ini menyimpulkan
bahwa: (1) Hasil
belajar ranah kognitif siswa yang diajar menggunakan aplikasi moodle dengan exam browser secara online
lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar siswa yang diajar
menggunakan aplikasi google classroom; (2) Ada perbedaan hasil belajar yang
mempengaruhi keterampilan literasi digital
siswa kelas X Multimedia SMKN 1 Lamongan setelah diajar menggunakan aplikasi moodle dengan exam browser lebih tinggi dari pada siswa yang diajar menggunakan google classroom pada mata pelajaran
simulasi komunikasi digital secara online; (3) Tidak ada interaksi terhadap siswa yang
menggunakan aplikasi moodle dengan exam browser secara online dengan siswa yang diajar menggunakan google classroom; (4) Respon
siswa yang diajar menggunakan aplikasi moodle
dengan exam browser secara online lebih tinggi secara signifikan
dibanding respon siswa yang diajar menggunakan aplikasi google classroom secara online
pada mata pelajaran simulasi komunikasi digital kelas X Multimedia di SMKN 1
Lamongan.