ABSTRAK
Dharmono, NIM. 107966017,
2016. Pengembangan Strategi Belajar Habits
of Mind dengan Menggunakan Media Kunci Dikotomi Kipas Berkode dalam Menumbuhkan Habits of Mind
dan Meningkatkan Hasil Belajar M ahasiswa pada Pembelajaran
Botani Tumbuhan Tinggi. Promotor: Prof. Dr. H. Muslimin
Ibrahim, M.Pd., dan Co-Promotor: Prof. Dr. H. Prabowo, M.Pd,
Kata Kunci : Validitas, Kepraktisan dan Keefektivan, Kipas Berkode, Strategi Belajar HoM
Pembentukan kemampuan ber p ikir dapat dilakukan dengan p embentukan dan pembiasaan berpikir tingkat tinggi, yang salah satunya dapat
dilakukan dengan menumbuhkan kemampuan kebiasaan pikiran atau Habits of Mind ( HoM) yaitu, penunjuk internal untuk membimbing pikiran, mengambil
keputusan dan tindakan dalam pembelajaran anak di sekolah maupun dalam
kehidupan sehari-hari. Hasil pengkajian terhadap literatur
tentang media dan strategi yang digunakan untuk men umbuhkan kebiasaan pikiran
masih sedikit tersedia. Oleh sebab itu studi berkelanjutan terus dilakukan
untuk memperoleh media dan strategi yang
digunakan untuk men umbuhkan kebiasaan pikiran. Kunci determinasi berbasis Kunci Dikotomi merupakan
suatu alat atau media yang diciptakan khusus untuk memperlancar pelaksanaan pendeterminasian
tumbuh-tumbuhan dalam upaya menanamkan konsep tumbuhan .
Kunci Identifikasi Tumbuhan yang selama ini dipergunakan di sekolah atau perguruan tinggi adalah dari Stennis dan Backer & Bakhoizen masih memiliki kelemahan dalam
pembelajarannya . P enelitian ini bertujuan mengembangkan strategi belajar Habits
of Mind (SB-HoM 1 dan SB-HoM 2) dengan menggunakan media Kunci
Dikotomi Kipas Berkode (KDKB) dalam menumbuhkan
Habits of Mind dan meningkatkan hasil belajar
m ahasiswa
pada pembelajaran Botani Tumbuhan
Tinggi yang valid, praktis dan
efektif. Jenis penelitian yang digunakan
adalah P enelitian
P engembangan yang dilakukan di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Kevalidan
ditunjukkan oleh penilaian ahli, dosen mitra dan keterbacaan mahasiswa, kepraktisan
ditunjukkan oleh keterlaksanaan penggunaan media, respon dosen mitra dan
mahasiswa pada uji coba produk, dan kefektifan
ditunjukkan oleh tumbuhnya HoM dan hasil
belajar mahasiswa setelah menggunakan kunci
dikotomi Kipas Ber kode dengan pembelajaran yang berbasis strategi HoM . Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi belajar Habits of Mind (SB-HoM 1 dan SB-HoM 2) dengan
menggunakan media Kunci Dikotomi Kipas Berkode (KDKB) dalam menumbuhkan Habits of Mind
dan meningkatkan hasil belajar m ahasiswa pada pembelajaran
Botani Tumbuhan Tinggi yang dikembangkan adalah valid, praktis
dan efektif. Implementasi SB-HoM 2
lebih cepat menumbuhkan HoM mahasiswa
dan meningkatkan hasil belajar lebih tinggi dari pada SB-HoM 1 pada pembelajaran Botani Tumbuhan Tinggi.
ABSTRACT
Dharmono. NIM.107966017. 2016. Development of The Habits of Mind
Learning Strategy Used The Dichotomy Key Fan Encoded Media in the Habits of
Mind Growing and Improve of the Outcomes Learning Student on Botany the Higher Plants Study. Promotor: Prof. Dr. H. Muslimin Ibrahim, M.Pd., and Co-Promotor: Prof. Dr. H. Prabowo, M.Pd.
Key Word: The
Habits of Mind Learning Strategy, The Dichotomy Key Fan Encoded , Validity,
Practicality and Efectivity
The
formation of the capacity to think can be done with the formation and habits
think high levels one of which can be
done by growing a habit of mind (HoM), it
is a pointer internal to guide the mind, make the decision and the act
of in learning children in schools and in daily life. The study of literature
about the media and strategies used to grow the habit of mind is still a bit
available. Therefore the study continual is conducted to gather media and
strategy used to grow the habit of mind. Key determination based key dichotomous
is a instrument or media that is particularly to facilitate the implementation
of plant the determinate in an effort to infuse the concept of plants. Key
identification plants that have been be used in high school or college is from Stennis
and Backer & Bakhoizen still have weaknesses in the learning. This study
aims to develop strategies for learning habits of mind (SB-HoM 1 and SB-HoM 2 ) using dichotomy
encoded key fan media (KDKB) in habits of mind growing and improve learning
outcomes student on Botany Higher Plants learning that a valid, practical and
effective. The research of methode use was the research development, and conducted
at The Lambung Mangkurat University Banjarmasin. Validity indicated by an
assessment expert, lecturers partners and the students read, practicality
indicated by media done implementation, response lecturers partners and students
at the trial of the product, and efectivity indicated by a growing HoM. and
student learning outcomes after using learning based HoM strategy by dichotomy
encoded key fan media. The result showed that the Habits of Mind learning
strategy (SB-HoM 1 dan SB-HoM 2) using the dichotomy encoded key
fan (KDKB) media in habits of mind growth and improve of the outcomes learning
student on Botany the Higher Plants study
developed are valid, practical and effective. Implemented of the SB-HoM 2 was faster growth HoM and improve of the outcomes learning
student on the Higher Plants Botany Study than the SB-HoM 2
implemented.