KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DI SMK KESEHATAN SURABAYA
TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP OF HEADMASTER IN IMPROVING THE QUALITY OF SCHOOLS IN SURABAYA HEALTH VOCATIONAL SCHOOL
Peningkatan mutu sekolah merupakan salah satu pilar pokok dalam membangun sumber daya manusia,
dengan adanya sekolah yang bermutu maka akan menghasilkan sumber daya manusia yang cerdas dan
kompetitif. Dalam upaya meningkatkan mutu sekolah diperlukan pengelolaan dan pelaksanaan yang baik
oleh warga sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan dan menganalisis kepemimpinan
transformasional kepala sekolah dalam peningkatan mutu sekolah; 2) mendeskripsikan dan menganalisis
inovasi pemimpin transformasional kepala sekolah dalam peningkatan mutu sekolah; dan 3) untuk
mendeskripsikan dan menganalisis pembinaan pendidikan karakter oleh pemimpin transformasional kepala
sekolah dalam peningkatan mutu sekolah di SMK Kesehatan Surabaya. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif, dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pegumpulan data menggunakan
wawancara mendalam menggunakan lembar wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1) kepemimpinan transformasional telah dilaksanakan oleh kepala SMK
Kesehatan Surabaya melalui dimensi pengaruh ideal, Motivasi Inspirasional, Stimulasi Intelektual, dan
Pertimbangan Individu; 2) sejumlah inovasi dalam rangka meningkatkan mutu sekolah berupa membuka
layanan home care bidang kesehatan, bekerjasama dengan berbagai pihak terkait, english day, dan
penyelarasan kurikulum dengan dunia usaha/dunia industri; 3) dan pembinaan karakter siswa dilakukan
oleh kepala sekoah transformasional melalui sholat dhuhur dan asar berjamaa gerakan gopekan dan
tausiyah
Improving the quality of schools is one of the main pillars in building Human Resources, with a quality
school will produce intelligent and competitive human resources. In an effort to improve the quality of
schools required good management and implementation by school residents. This study aims to: 1)
describe and analyze the principal's transformational leadership in improving school quality; 2) describe
and analyze transformational leaders in improving school quality; and 3) to describe and analyze the
development of character education by the principal transformational leader in improving the quality of
schools in Surabaya Health Vocational School. This research uses a qualitative approach, with a case study
research design. Data collection techniques using in-depth interviews using structured interview sheets,
observation and documentation. The results show that: 1) transformational leadership has been
implemented by the head of Surabaya Health Vocational School through the dimensions of ideal influence,
Inspirational Motivation, Intellectual Stimulation, and Individual Considerations; 2) a number of
innovations in order to improve the quality of schools in the form of opening home care services in the
health sector, in collaboration with various related parties, English day, and curriculum alignment with the
business / industrial world; 3) and building student character is carried out by the head of the
transformational school through the dhuhur and asar prayer in congregation, the gopekan movement and