STRATEGI INTERVENSI DINI TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK TUNARUNGU
THE STRATEGY OF EARLY INTERVENTION ON THE LANGUAGE DEVELOPMENT OF CHILDREN WITH HEARING IMPAIRMENT
Anak yang memiliki hambatan pendengaran dapat menyebabkan perkembangan bicara dan bahasanya terhambat. Perkembangan bahasa anak-anak tuna rungu membutuhkan penanganan khusus dengan menggunakan reseptor yang bermanfaat, terutama dalam reseptor verbal. Tujuan penelitian dari literature review ini adalah untuk mendeskripsikan strategi intervensi dini terhadap perkembangan bahasa anak tunarungu. Metode yang digunakan dalam literature review ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Untuk pengumpulan data menggunakan kajian Pustaka dengan review literatur yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi intervensi dini dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak tunarungu.
Kata Kunci: Intervensi Dini, Perkembangan Bahasa, Hambatan Pendengaran.
Children who have hearing impairments will cause speech and language development to be hampered. The language development of children with hearing impairment requires special care by using useful receptors, especially in the verbal receptors. The purpose of this literature is to determine whether early intervention strategies on language development of children with hearing impairment can have a positive impact on parents. The method used in this article uses a qualitative descriptive method approach. For data collection using literature review with a review of relevant literature. The results of this study show that the strategy of early intervention can improve language development of deaf children.
Keywords: Early Intervention, Language Development, Hearing Impairment.