DEVELOPING ENGLISH-SPEAKING SKILLS OF MATHAYOM 1 (GRADE 7) STUDENTS’ BY USING GAME-BASED LEARNING
MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BAHASA INGGRIS SISWA MATHAYOM 1 (SMP Kelas 1) DENGAN MENGGUNAKAN GAME-BASED LEARNING
ABSTRAK
Nama : Nasrin Masae
NIM : 20020084098
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
Departemen : Bahasa dan Sastra Inggris
Fakultas : Bahasa dan Seni
Universitas : Universitas Negeri Surabaya
Dosen Pembimbing : Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D.
Kata kunci: Keterampilan berbahasa Inggris, permainan, permainan belajar
Keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris sangat penting bagi siswa saat ini. Bahasa Inggris bukan hanya bahasa global tetapi juga alat komunikasi penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan, pekerjaan, dan hubungan sosial. Namun, banyak siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris karena metode pembelajaran yang kurang menarik dan tidak efektif.
Pembelajaran berbasis permainan diyakini sebagai cara yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris siswa. Permainan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan interaktif, yang dapat meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam belajar. Selain itu, permainan membantu siswa mendapatkan kepercayaan diri dan menerapkan keterampilan berbicara mereka dalam kehidupan sehari-hari.
Studi ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris siswa Kelas 7 menggunakan pembelajaran berbasis permainan (permainan menceritakan cerita berdasarkan gambar). Fokusnya adalah membandingkan keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris sebelum dan sesudah menggunakan permainan serta menguji minat siswa dalam belajar melalui permainan. Sampel terdiri dari 21 siswa Kelas 7 dari sebuah sekolah di Provinsi Narathiwat.
Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimental, dengan menggunakan permainan menceritakan cerita berdasarkan gambar sebagai alat utama untuk mengembangkan dan menilai keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris. Pengumpulan data dilakukan melalui tes berbicara dalam bahasa Inggris dan kuesioner minat siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris siswa meningkat secara signifikan setelah menggunakan permainan, dengan signifikansi statistik sebesar 0,00000192. Analisis data meliputi persentase, rata-rata, deviasi standar, dan perbandingan keterampilan berbicara sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan uji T-dependen. Siswa juga menunjukkan minat belajar yang tinggi melalui permainan.
Studi ini menunjukkan bahwa permainan menceritakan cerita berdasarkan gambar dapat efektif mengembangkan keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris dan meningkatkan minat siswa dalam belajar. Temuan ini memberikan rekomendasi untuk merancang pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan meningkatkan efektivitas pengajaran bahasa Inggris di tingkat pendidikan menengah pertama.
ABSTRACT
Name : Nasrin Masae
Study Program : S-1 English Education
Department : English Language and Literature
Faculty : Language and Arts
University : State University of Surabaya
Advisor : Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D.
Keywords: English speaking skills, games, learning games
English-speaking skills are crucial for students today. English is not only a global language but also an essential communication tool in various aspects of life, including education, work, and social relationships. However, many students struggle to develop their English-speaking skills due to unengaging and ineffective learning methods.
Game-based learning is believed to be an effective way to improve students' English-speaking skills. Games create a fun and interactive learning environment, which can increase students' motivation and interest in learning. Additionally, games help students gain confidence and apply their speaking skills in daily life.
This study aims to enhance the English-speaking skills of Grade 7 students using game-based learning (picture storytelling games). It focuses on comparing English-speaking skills before and after using the games and examining students' interest in learning through games. The sample consists of 21 Grade 7 students from a school in Narathiwat Province.
The research employs a quasi-experimental design, using picture storytelling games as the primary tool to develop and assess English-speaking skills. Data collection was conducted through English-speaking tests and a student interest questionnaire. The results showed that students' English-speaking skills significantly improved after using the games, with a statistical significance of 0.00000192. Data analysis included percentages, means, standard deviations, and comparisons of speaking skills before and after learning using T-test dependent statistics. The students also exhibited a high level of interest in learning through games.
This study indicates that picture storytelling games can effectively develop English-speaking skills and increase students' interest in learning. The findings provide recommendations for designing student-centered learning approaches and enhancing English language teaching effectiveness at the lower secondary education level.