PELAKSANAAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN E-MODUL PADA ELEMEN UKUR TANAH KELAS X SMK
Implementation of Direct Instruction Model with E-Module on Soil Measurement Elements of Class X SMK.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul perangkat pembelajaran langsung dengan e-modul, mengetahui ketuntasan yang diperoleh siswa menggunakan model pembelajaran langsung dengan e-modul, mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas dengan pembelajaran langsung menggunakan e-modul dengan kelas yang menggunakan powerpoint, dan mengetahui respon siswa terhadap penggunaan pembelajaran langsung dengan e-modul pada mata pelajaran ukur tanah di kelas X SMKN 1 Sidoarjo.
Metode penelitian ini menggunakan quasi-experimental. Desain yang digunakan dalam penelitian ini Pre-test post-test control grup design. Tempat Penelitian dalam penelitian ini adalah SMKN 1 Sidoarjo kelas X. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKP di SMKN 1 Sidoarjo yang berjumlah 120 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan teknik pemilihan sampel, maka dapat dipilih sampel yaitu kelas X TKP 1 dan X TKP 2 SMKN 1 Sidoarjo. Kemudian dilakukan pengundian untuk menentukan kelompk eksperimen dan kontrol, sehingga didapatkan hasil kelas X TKP 1 yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKP 2 yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes, teknik tes untuk mengukur hasil belajar dan ketuntasan siswa, sedangkan nontes berupa angket guna mengetahui kelayakan e-modul dan respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis yang meliputi uji independent sample t-test, uji analisis regresi linier dan uji n-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Kelayakan perangkat pembelajaran langsung dengan E-modul pada elemen ukur tanah di kelas X SMKN 1 Sidoarjo lebih dari sama dengan 70%); (2) Proporsi ketuntasan peserta didik yang dikenai model pembelajaran langsung berbantuan media e-modul lebih dari 75%); (3) Hasil yang diperoleh kelas eksperimen tidak sama dengan kelas kontrol pada elemen ukur tanah di kelas X SMKN 1 Sidoarjo; dan (4) Respon positif peserta didik setelah mengikuti pembelajaran menggunakan pembelajaran langsung dengan e-modul pada elemen ukur tanah di kelas X SMKN 1 Sidoarjo lebih dari 70%).
Kata Kunci: E-Modul, Kelayakan, Pembelajaran Langsung, Respon Siswa
Wardani, T T. (2024). Implementation of Direct Instruction Model with E-Module on Soil Measurement Elements of Class X SMK. Thesis. Advisor 1 Prof. Dr. Suparji, S.Pd.,M.Pd. Advisor 2 Prof. Dr. Agus Wiyono, S.Pd., M.T.
This study aims to determine the feasibility of the module of direct learning tools with e-modules, to determine the completeness obtained by students using the direct learning model with e-modules, to find out the difference in learning outcomes between classes with direct learning using e-modules and classes using powerpoint, and to determine students' responses to the use of direct learning with e-modules in land surveying subjects in class X of SMKN 1 Sidoarjo.
This research method uses quasi-experimental. The design used in this study was the Pre-test post-test control group design. The research place in this study is SMKN 1 Sidoarjo class X. The population in this study is all students of class X crime scene at SMKN 1 Sidoarjo which totals 120 students. The sample in this study was determined using the purposive sampling technique. The sample in this study was determined using the purposive sampling technique. Based on the sample selection technique, samples can be selected, namely class X TKP 1 and X TKP 2 SMKN 1 Sidoarjo. Then a draw was carried out to determine the experimental and control groups, so that the results of class X TKP 1 which amounted to 37 students as the experimental class and class X TKP 2 which amounted to 37 students as the control class were obtained. The data collection techniques used are test and non-test techniques, test techniques to measure learning outcomes and student completeness, while non-tests are in the form of questionnaires to determine the feasibility of e-modules and student responses. The data analysis techniques used are prerequisite tests which include normality and homogeneity tests, as well as hypothesis tests which include independent sample t-tests, linear regression analysis tests and n-Gain tests.
The results of the study show that; (1) The feasibility of direct learning tools with E-modules on land survey elements in class X of SMKN 1 Sidoarjo is more than equal to 70%); (2) The proportion of completeness of students who are subjected to the direct learning model assisted by e-module media is more than 75%); (3) The results obtained by the experimental class are not the same as the control class on the soil survey element in class X of SMKN 1 Sidoarjo; and (4) The positive response of students after participating in learning using direct learning with e-modules on soil surveying elements in class X of SMKN 1 Sidoarjo is more than 70%).
Keywords: E-Module, Feasibility, Direct Learning, Student Response