IMPLEMENTATION OF PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) IN WAUNG VILLAGE, BARON SUB-DISTRICT, NGANJUK DISTRICT (CONCERNTATION STUDY IN EDUCATION)
Latar belakang dalam penelitian ini adalah bahwa Program Keluarga Harapan (PKH) Bidang Pendidikan penting untuk diterapkan dalam rangka meningkatkan angka sadar pendidikan dan partisipasi pendidikan dasar wajib sembilan tahun serta upaya mengurangi angka kemiskinan yang berlebihan pada suatu keluarga. Pendidikan sebagai perangkat penting dalam menignkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi PKH Bidang Pendidikan di Desa Waung Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis data melalui l) Reduksi data, 2) Penyajian data, dan 3) Verifikasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Implementasi PKH dalam bidang pendidikan, diketahui bahwa fasilitas yang ada dalam implementasi PKH oleh PPKH dalam Bidang pendidikan belum tersedia dengan baik. Sedangkan indikator lainnya sudah terpenuhi dengan baik. Hambatan yang dihadapi dalam Proses verifikasi, kendala fasilitas, dan kendala proses informasi penyaluran dana. Upaya yang dilakukan yaitu meningkatkan proses verifikasi, melibatkan masyarakat dan warga umum, upaya meningkatkan kemampuan aparatur Pemerintah desa, dan konfirmasi ulang terhadap penerima bantuan.
The background in this research is that the Family Hope Program (PKH) in Education is important to be implemented in order to increase the awareness level of education and participation in basic nine-year compulsory education as well as efforts to reduce excessive poverty in a family. Education as an important tool in improving community welfare. The purpose of this researchwas to determine the Implementation of PKH in Education in Waung Village, Baron District, Nganjuk Regency. The research method used is a qualitative-descriptive method. Data collection techniques using interview, observation and documentation. Data analysis techniques through l) data reduction, 2) data displays and 3) verification. The results as follows: In the implementation of the PKH in the field of education, it is known that the existing facilities in the implementation of the PKH by the Implementers of PPKH in the field of education are not yet available properly. Meanwhile, other indicators have been fulfilled properly. Constraints faced in the verification process, constraints on facilities, and constraints in the information process for the distribution of funds. Efforts made include improving the verification process, involving the community and general citizens, efforts to improve the capacity of village government officials, and reconfirming aid recipients.