Penelitian ini dilatar belakangi oleh persepsi negatif siswa pada guru BK, khususnya layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah. Hal ini terjadi karena layanan informasi yang diberikan oleh guru BK kurang optimal sehingga mempengaruhi persepsi siswa menjadi negatif. Persepsi negatif siswa dapat menimbulkan hambatan bagi pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah. Timbulnya persepsi negatif dalam diri siswa karena tindakan yang dilakukan oleh bimbingan dan konseling merupakan tindakan disipliner seperti memarahi siswa, memberikan hukuman pada siswa yang melanggar, bahkan sampai memberikan surat rekomedasi siswa untuk keluar dari sekolah merupakan label dari bimbingan dan konseling di sekolah. Siswa menjadi takut dan bahkan menolak untuk diberikan layanan. Siswa tidak dapat terbuka dan tidak dengan sukarela datang untuk menceritakan masalahnya pada guru bimbingan dan konseling. Berdasarkan masalah tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas strategi cognitive restructuring untuk mengurangi persepsi negatif siswa pada layanan bimbingan dan konseling. Rancangan penelitian yang akan digunakan adalah one group pre-test post-test design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-I SMPN 3 Gresik yang terdiri dari 5 orang siswa. Penelitian ini menggunakan analisis statistik non-parametrik menggunakan metode uji wilcoxon. Adapun hasil analisis dari uji wilcoxon, diketahui nilai Asymp.Sig (2-tailed) bernilai 0,043. Karena nilai 0,043 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi cognitive restructuring dapat mengurangi persepsi negatif siswa pada layanan bimbingan dan konseling kelas VII-I SMP Negeri 3 Gresik.
Kata Kunci : Cognitive restructuring, Persepsi negatif, Layanan bimbingan dan konseling.
This research is background by student’s negative perceptions of counseling teachers, especially the Guidance and Counseling services in schools. This happens because the information services provided by guidance and counseling teachers are less than optimal so that it affects student’s perceptions negatively. Student negative perceptions can pose obstacles to the implementation of guidance and counseling in schools. The emergence of negative perceptions in students because the actions taken by guidance and counseling are disciplinary actions such as scolding students, giving punishment to students who violate, even to expel students from school is a label of guidance and counseling at school. Students become afraid and even refuse to be given services. Students cannot be open and do not voluntarily come to tell the problem to the teacher guidance and counseling. Based on these problems the purpose of this study is to examine the effectiveness of cognitive restructuring strategies to reduce students' negative perceptions of guidance and counseling services. The research design that will be used is one group pre-test post-test design. The subjects of the study were students of class VII-I of SMPN 3 Gresik consisting of 5 students. This study uses non-parametric statistical analysis using the Wilcoxon test method. Based on the results of the Wilcoxon test analysis, it is known that the Asymp.Sig (2-tailed) value is 0.043. Because the value of 0.043 is smaller than 0.05, it can be concluded that hypothesis o is rejected and hypothesis accept. Thus it can be concluded that cognitive restructuring strategies can reduce students' negative perceptions of guidance and counseling services in class VII-I of SMP Negeri 3 Gresik has applied.
Keywords : Cognitive restructuring, negative perception, guidance and counseling services.