Suitability of Teaching Material hallodeutschschule.ch page for Learning German Speaking Skills Class XI Semester 2 SMAN 1 Tarik
Berbicara adalah bagian terpenting dari pembelajaran keterampilan berbahasa khusunya Bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Tarik. Memiliki kemampuan berbicara yang mumpuni dan terampil menjadi suatu keharusan bagi peserta didik. Mengingat perbandingan persentase nilai keterampilan berbicara yang harus dicapai peserta didik adalah 50% dari seluruh keterampilan. Pada kenyataannya berdasarkan studi pendahuluan melalui penyebaran angket kepada peserta didik dan pendidik SMA Negeri 1 Tarik diasumsikan bahwa berbicara adalah keterampilan yang sulit untuk dicapai. Dalam kegiatan pembelajaran peserta didik yang kurang terampil bericara cenderung bersifat pasif. Indikator seseorang terampil berbicara adalah dengan sering mendengarkan. Namun permasalahannya adalah kurangnya ketersediaan bahan ajar yang dapat menunjang pembelajaran. Oleh sebab itu diperlukan alternatif untuk menambah bahan ajar keterampilan berbicara. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan laman web seperti hallodeutschschule.ch. Laman hallodeutschschule.ch merupakan situs yang dikembangkan oleh lembaga kursus yang bergerak dibidang pengajaran atau pelatihan bahasa jerman. Di laman tersebut tersedia menu download yang berisi materi bahasa jerman dari tingat kebahasaan A1 – C1 dan dapat diunduh secara gratis. Artikel ilmiah ini mengkaji bagaimana kesesuaian bahan ajar laman hallodeutschschule.ch untuk pembelajaran keterampilan berbicara bahasa jerman kelas XI semester 2. Tujuan daripada artikel ini yaitu mendeskripsikan hasil analisis kesesuaian bahan ajar laman hallodeutschschule.ch sebagai bahan ajar tambahan untuk pembelajaran keterampilan berbicara. Artikel ilmiah ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi pustaka. Sumber data adalah laman hallodeutschschule.ch. Data yang di analisis adalah teks audio pada Lehrmittel Hallo A1 berupa teks lisan yang terdiri dari 19 Lektionen. Teori yang digunakan untuk analisis adalah teori kriteria pemilihan bahan ajar dari Andi Prastowo (Prastowo (2012:389) dan Depdiknas (2006), kemudian dari kedua teori tersebut digunakan acuan membuat instrumen analisis kesesuaian materi dengan kurikulum 2013. Analisis data menggunakan teknik analisis isi. Proses analisis data mengacu pada instrumen analisis kesesuaian materi yang terdiri dari beberapa aspek antara lain : 1) Kesesuaian dengan tema, 2) kesesuaian materi dengan KD 4.4.1, 3) Kesesuaian dengan indikator dan tujuan pembelajaran, 4) kesesuaian jenis materi berdasarkan aspek kognitif pada kompetensi dasar. Melalui rangkaian analisis, diperoleh hasil bahwa keseluruhan materi di laman hallodeutschschule.ch memiliki kesesuaian dengan materi kurikulum 2013. Sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar keterampilan berbicara.
Kata Kunci: pembelajaran keterampilan berbicara,audio, bahan ajar
Speaking is the most important part of learning language skills, especially German at SMAN 1 Tarik. Having the ability to speak qualified and skilled is a must for students. Given the comparasion of the percentage value of speaking skills that students have to achieve is 50% of all skills. In reality, based on a preliminary study through distributing questionnaires to students and teacher at SMA Negeri 1 Tarik, it is assumed that speaking is a difficult skill to achieve. In learning activities, students who are less skilled at speaking tend to be passive. An indicator of someone skilled in speaking is often listening. However, the problem is the lack of availability of teaching materials that can support learning. Therefore, an alternative is needed to add teaching materials for speaking skills. One of them is by using web pages such as hallodeutschschule.ch. The hallodeutschschule.ch page is a site developed by a course institution that specializes in teaching or training of the German language. On this page has a download menu containing German language materials from from the A1 – C1 level of language and can be downloaded for free. This scientific article examines the suitability of the teaching materials of the page hallodeutschschule.ch for learning German speaking skills in class XI semester 2. The aim of this article is to describe the results of an analysis of the suitability of the hallodeutschschule.ch page teaching materials as additional to learning the skills of speaking. This scientific article uses a qualitative approach to the type of literature study. The E-Journal Unesa, Volume 10, Nomor 3, Tahun 2021 data source from the page hallodeutschschule.ch. The data analysis is audio text on Lehrmittel Hallo A1 in the form of an oral text consists of 19 lessons. The theory used for the analysis is the theory of the selection criteria for teaching materials of Andi Prastowo (Prastowo (2012: 389) and the Ministry of National Education (2006). Then from the both theories used as a reference to make an instrument for analyzing the suitability of the material with the 2013 curriculum. Data analysis used content analysis techniques. The data analysis process refers to the material suitability analysis instruments of several aspects. Some aspects are : 1) Conformity with the theme, 2) suitability of the material with KD 4.4.1, 3) Conformity with both the indicator and the purpose learning, 4) suitability of the type of material based on cognitive aspects of basic competencies. Through a series of analyzes, the results obtained that the entire material on the hallodeutschschule.ch page has conformity with the 2013 curriculum material. So it can be used as teaching material for speaking skills. Keyword : learning speaking skills, audio, teaching materials