Power and Solidarity of Determining Politeness Strategies in the "MasterChef Junior America"
Pembicara dan pendengar harus saling memperhatikan wajah satu sama lain karena wajah adalah citra diri seseorang. Strategi kesantunan dapat digunakan dalam situasi tersebut dimana strategi kesantunan adalah cara untuk menyelamatkan wajah pendengar dari face-threatening acts (FTAs). Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jenis strategi kesantunan yang digunakan juri dan fungsinya menggunakan teori Brown and Levinson (1987), mengungkapkan reaksi komunikasi non-verbal peserta melalui expresi wajah mereka menggunakan teori Navarro (2018), dan menganalisis faktor yang mempengaruhi penggunaan strategi kesantunan yang digunakan juri menggunakan teori Brown and Levinson (1987) di objek Junior MasterChef Amerika musim 6. Metode kualitatif digunakan sebagai metode penelitian. Empat episode digunakan sebagai objek di dalam penelitian ini. Hasilnya, penelitian ini menemukan bahwa empat jenis strategi kesantunan digunakan oleh juri untuk memberikan kritik, peringatan, perintah, dan untuk membuka percakapan kepada peserta. Strategi kesantunan yang paling banyak adalah kesantunan positif (144 data), diikuti oleh kesantunan negatif (40 data), kesantunan tidak langsung (13 data), dan kesantunan langsung (12 data). Penggunaan strategi kesantunan dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu keuntungan (payoffs), hubungan sosial (social distance), perbedaan kekuasaan (relative power), dan peringkat pembebanan (ranking of imposition). Selain itu, strategi kesantunan memberikan dampak pada raut wajah peserta. Kesantunan positif dan negatif memberikan dampak emosi positif sedangkan kesantunan langsung dan tidak langsung memberikan dampak emosi negatif pada raut wajah peserta.
Speakers and hearers should give intention to face each other since face is a self-image of a person. Politeness strategies can be used in the situation where politeness strategies are ways to save the hearers’ faces from face-threatening acts (FTAs). This study is purposed to discover the kinds of politeness strategies used by judges and their functions using Brown and Levinson’s theory (1987), reveal participants’ non-verbal communication reactions through their facial expressions using Navarro’s theory (2018), and analyze factors influencing the use of politeness strategies used by judges Brown and Levinson’s theory (1987) in MasterChef Junior America season 6. The qualitative method is used as a research method. Four episodes are used as objects in this study. As a result, the study finds that four politeness strategies are utilized by the judges to give criticisms, reminders, commands, and open conversations with the participants. The most used politeness strategy is positive politeness (144 data), continued by negative politeness (40 data), off record (13 data), and bald on record (12 data). The use of politeness strategies is influenced by some factors, namely payoffs, social distance, relative power, and ranking of impositions. In addition, politeness strategies affect the hearers’ facial expressions. Positive and negative politeness give positive emotions while bald on-record and off-record strategies give negative emotions in the hearers’ facial expressions.