PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG KERTAS PADA MATERI KEBERAGAMAN KEBUDAYAAN DI INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstrak
Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam ,mencapai tujuan pembelajaran. Karena media pembelajaran adalah alat komunikasi dalam menyampaikan materi pelajaran. Namun dalam pembuatan dan penggunaan media pembelajaran harus disesuaikan dengan materi pelajaran, peserta didik serta guru. Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu : (1) menghasilkan produk media wayang kertas materi keberagaman kebudayaan di Indonesia, (2) mengetahui kelayakan media wayang kertas. Penelitian ini dilakukan dengan uji coba terbatas dengan subjek penelitian peserta didik kelas tinggi di beberapa sekolah di kecamatan Duduk Sampeyan. Penelitian ini berpedoman pada desain penelitian pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu (1) analiyze ( analisis) , (2) design ( desain ) , (3) develop ( pengembangan ), (4) implement ( implementasi ) , dan (5) evaluate( evaluasi ). Pada tiap tahap dalam penelitian jugaterdapat proses evaluasi dan diakhiri dengan evaluasi akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media wayang kertas memenuhi kriteria validasi layak dengan validasi ahli materi 89,2% dan validasi ahli media 78,2% serta uji coba terbatas dengan hasil 100%. Berdasarkan hasil keseluruhan analisis data, dapat disimpulkan bahwa produk wayang kertas layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi keberagaman kebudayaan di Indonesia kelas IV sekolah dasar.
Kata kunci : wayang kertas, keberagaman kebudayaan
Abstract
Learning media is one of the important components in achieving learning goals. Because learning media is a communication tool in delivering the subject matter. However, in the creation and use of learning media must be adapted to the subject matter, learners and teachers. The purpose of this development research is: (1) produce paper puppet media products cultural diversity material in Indonesia, (2) know the feasibility of paper puppet media. The study is conducted with limited trial with the high class subjects in some elementary school in the Duduksampeyan distric. This research is based on addie development research design that has 5 stages, namely (1) analiyze (analysis), (2) design (design), (3) develop ( development ), (4) implement ( implementation) , and (5) evaluate ( evaluation ). At each stage in the research there is also an evaluation process and ends with a final evaluation. The results showed that the paper puppet media meets the criteria of validating properly with the validation of material experts 89.2% and validation of media experts 78.2% and limited trials with 100% results. Based on the overall results of data analysis, it can be concluded that paper puppet products are worthy to be used as a learning medium on cultural diversity materials in Indonesia grade IV elementary schools.
Keywords: paper puppets, cultural diversity