PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBUATAN POLA BLUS BAGI SISWA KELAS X SMK KEAHLIAN TATA BUSANA
E-MODUL DEVELOPMENT FOR MAKING BLOUSE PATTERNS FOR STUDENT OF CLASS X VOCATIONAL HIGH SCHOOL IN FASHION EXPERTISE
E-modul ialah suatu modul yang sudah dicetak dan teruji kevalidannya yang dirubah dalam versi elektronik. Inovasi dalam pengembangan media pembelajaran yang dapat meningkatkan perilaku dan kreativitas di abad 21 ini dibutuhkan pembelajaran yang aktif, salah satunya dengan modul elektronik atau e-modul. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan proses pengembangan e-modul bagi siswa kelas X SMK keahlianTata Busana, dan 2) mendeskripsikan tingkat kelayakan e-modul pembuatan pola blus bagi siswa kelas X SMK keahlian Tata Busana. Penelitian ini ialah penelitian pengembangan model ADDIE yang terdiri dari (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket. Validator e-modul sebanyak 3 orang yang terdiri dari ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media. Metode pengolahan data menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) proses pengembangan e-modul dilakukan dengan bantuan aplikasi microsoft word untuk menyusun materi modul, corel draw untuk membuat cover, dan kvisoft flipbook maker untuk mengubah modul menjadi modul elektronik hingga dapat dioperasikan dengan komputer dan android. dan 2) Tingkat kelayakan e-modul pembuatan pola blus bagi siswa kelas X SMK keahlian Tata Busana berada pada level sangat layak dengan indikator tingkat kelayakan materi 94% , kelayakan media 82%, dan tingkat kelayakan bahasa78%.
E-Module is a printed module whose validity has been changed in an electronic version. Innovation in developing learning media that can improve behavior and creativity in the 21st century this is needed active learning, one of them with an electronic modul or e-modul. The purposes of this study are: 1) describe the process of developing e-modul for student of class X vocational hightscool in fashion expertise, and 2) describe the level of validity of e-modul for making blouse patterns for students of class X vocational high scool in fashion expertise. The research is a ADDIE model development that consisting of (analysis, design, development, implementation, and evaluation). The data collection method uses the documentation and questionnaire methods. There are 3 e-modul validators consisting of linguist, material expert, and media expert. The data processing method uses descriptive method. The result of the study explain that: 1) Proses pengembangan e-modul dilakukan dengan bantuan aplikasi microsoft word untuk menyusun materi modul, corel draw untuk membuat cover, dan kvisoft flipbook maker untuk mengubah modul menjadi modul elektronik hingga dapat dioperasikan dengan komputer dan android.2) The level of validity of the e-module for making blouse pattern for the X vocational hightscool in fashion expertise is at a very decent level with indicator of the level of material aspecsof 94% rating results, aspects of media validation with 82% rating results, and aspects of language validation with 78% .