OPTIMALISASI COOLING SYSTEM BATTERY PACK E-INOBUS DENGAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (CFD) MENGGUNAKAN SOFTWARE ANSYS FLUENT UNTUK MENGATASI KONDENSASI
OPTIMIZATION OF COOLING SYSTEM BATTERY PACK E-INOBUS WITH COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (CFD) METHOD BY USING SOFTWARE ANSYS FLUENT TO OVERCOME CONDENSATION
E-Inobus merupakan bus listrik yang diproduksi oleh PT. INKA (Persero) dengan misi inovasi di bidang transportasi darat yang mengusung tema transportasi hijau moda transportasi ramah lingkungan. Dengan menggunakan Baterai sebagai sistem penyimpanan energi dalam pengembangan kendaraan listrik. Untuk menciptakan kendaraan listrik yang memiliki efisiensi tinggi, dibutuhkan baterai dengan spesific power density dan spesific energy density yang tinggi. Diantara banyak kelebihan yang dimiliki, memiliki kekurangan yaitu sangat sensitif terhadap temperatur. Sehingga untuk menjaga keamanan dan performansi dari Baterai , dibutuhkan sistem manajemen termal. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan desain cooling system battery pack dalam mencegah kondensasi. Metode yang digunakan ialah analisis numerik dengan simulasi CFD (Computational Fluid Dynamic) untuk mengetahui karakteristik fluida dinamik dan fenomena yang terjadi. Penelitian menggunakan dua model yaitu sistem pendingin tanpa kipas dan adjustment box dengan sistem pendingin yang ditambahkan kipas dan adjustment box sebagai media pengontrol udara. Simulasi menggunakan Software ANSYS Fluent untuk mengetahui perubahan karakteristik fluida dinamik setelah dilakukan rekondisi model yaitu penambahan kipas dan adjustment box terhadap persebaran tekanan dan kecepatan aliran fluida, temperatur baterai, temperatur fluida pada outlet, dan heat transfer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain rekondisi cooling system yang telah dibuat diperoleh nilai error sebesar untuk temperatur inlet dan untuk temperatur outlet.
Kata kunci : battery pack, cooling system, computational fluid dynamic, kondensasi
E-Inobus is an electric bus produced by PT. INKA (Persero) with a mission of innovation in the field of land transportation which carries the theme of green transportation, an environmentally friendly mode of transportation. By using the battery as an energy storage system in the development of electric vehicles. To create an electric vehicle that has high efficiency, a battery with spesific power density andspesific energy density tall one. Among the many advantages it has, it has the disadvantage that it is very sensitive to temperature. So to maintain the safety and performance of the battery, a thermal management system is needed. This research aims to develop designcooling system battery pack to prevent condensation. The method used is numerical analysis with CFD simulation (Computational Fluid Dynamic) to determine dynamic fluid characteristics and phenomena that occur. The study used two models, namely a fanless cooling system andadjustment box with a fan-added cooling system andadjustment box as an air control medium. Simulation using Software of ANSYS Fluent to determine changes in dynamic fluid characteristics after reconditioning the model, namely the addition of fans and adjustment box on pressure distribution and fluid flow velocity, battery temperature, fluid temperature at the outlet, and heat transfer. The results of this study indicate that the reconditioned design cooling system which has been made obtained an error value of for temperature inlet and for temperature outlet.
Keywords : battery pack, cooling system, computational fluid dynamic, condensation