Analisis Video Nicos Weg Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Keterampilan Menyimak Bahasa Jerman SMA Kelas X
The analysis of Nicos Weg as the listening skill's teaching materials on German language subject for X graders
Salah satu bahasa asing yang baru dipelajari pada tingkat pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah bahasa Jerman. Mempelajari bahasa ada empat keterampilan yang harus dikuasai yaitu membaca, menulis, mendengarkan dan berbicara. Keterampilan menyimak masih diajarkan secara monoton kepada peserta didik. Kelas X adalah pembelajar pemula bahasa Jerman di SMA. Perkembangan teknologi yang semakin canggih telah memberikan kemudahan untuk mengakses materi dari Internet. Salah satunya yaitu dari Youtube. Laman Youtube yang menyediakan berbagai video pembelajaran bahasa Jerman yaitu Deutsch Lernen mit der Dw. Video yang digunakan untuk pembelajaran Bahasa Jerman Kelas X pada laman Deutsch Lernen mit der Dw yaitu video Nicos Weg. Namun materi yang terdapat dalam video Nicos Weg sebelum digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran disesuaikan terlebih dahulu dengan kurikulum yang berlaku supaya tercapai tujuan pembelajaran tertentu. Kurikulum adalah seperangkat rencana mengenai tujuan, isi, dan bahan ajar serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dalam penulisan artikel ini kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013. Maka dari itu perlu adanya analisis terhadap video Nicos Weg dan kesesuaiannya terhadap kurikulum 2013 untuk pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Jerman kelas X. Rumusan masalah dari penulisan artikel ini adalah bagaimana kesesuaian isi video Nicos Weg sebagai bahan ajar pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Jerman SMA kelas X semester 1. Sedangkan tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan kesesuaian materi dari video Nicos Weg sebagai bahan ajar pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Jerman SMA kelas X dengan kurikulum 2013. Penulisan artikel ini adalah jenis deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis terhadap data. Sumber data penulisan artikel ini adalah tujuh video Nicos Weg sesuai dengan sub tema dari tema identitas diri Kelas X Semester 1. Hasil analisis menunjukan bahwa materi tujuh video Nicos Weg sudah sesuai dengan kurikulum 2013. Sehingga tujuh video Nicos Weg dapat dijadikan bahan ajar pembelajaran dengan tema identitas diri keterampilan menyimak kelas X semester 1.
German is the newly learned foreign language at Senior High School. There are four skills that must be matered in language learning, namely reading, writing, listening, and speaking. Listening skills are still taught monotonously to students. Tenth graders are novice German language learners. With the development of increasingly sophisticated technology has provided easy access to materials from the Internet. One of them is from Youtube. A Youtube channel that provides a variety of German language learning videos, namely Deutsch lernen mit der Dw. The video used for learning German on the Deutsch lernen mit der Dw page are the videos of Nicos Weg. But the material contained in the video Nicos Weg before use as learning teaching materials adapted to the applicable curriculum in order to achieve the learning objectives. According to Muslich, curriculum is a set of plans on the purpose, content, and teaching materials and ways used as guidelines for organizing learning activities to achieve certain educational goals. In writing this article the curriculum used is the 2013 curriculum. Therefore, there needs to be an analysis of Nicos Weg videos and its suitability to the 2013 curriculum for the learning of german listening skills in the tenth grade. The problem formulation of the writing this article is how the content of Nicos Weg-videos as a teaching material for learning listening skills in tenth grade Semester 1. While the purpose of writing this article is to describe the suitability of the material from Nicos Weg videos as a teaching material for learning german listening skills in tenth grade with the curriculum 2013. The writing of this article is a qualitative descriptive type using analysis of data. The data source of writing this article I seven Nicos Weg videos according to the sub theme of the theme of identity. Data analyzed using Prastowo teaching material theory. The results of the analysis showed that seven Nicos Weg videos had met the criteria for audiovisual teaching materials according to Prastowo. So that seven Nicos Weg videos can be used as teaching materials with the theme of self identity for listening skills in tenth grade Semester 1.