KAJIAN METODE MATERNAL REFLEKTIF (MMR) DALAM KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK TUNARUNGU
THE STUDY OF MATERNAL REFLECTIVE METHOD (MRM) IN LANGUAGE SKILLS OF DEAF CHILDREN
Anak tunarungu memiliki hambatan dalam pendengaran yang mengakibatkan permasalahan pada kemampuan berbahasa reseptif, sehingga perlu ditunjang dengan Metode Maternal Reflektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Metode Maternal Reflektif dalam keterampilan berbahasa anak tunarungu. Metode penelitian ini menggunakan literature review yang menganalisis 12 artikel sebagai data dari penelitian yang relevan mengenai Metode Maternal Reflektif dalam keterampilan berbahasa anak tunarungu. Teknik analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menginterpretasi hasil dari artikel yang sesuai untuk dijadikan sebagai acuan penelitian. Hasil analisis literature review menunjukkan bahwa Metode Maternal Reflektif memvisualisasikan kata dengan cara menuliskan kata di papan tulis dan dilakukan tanya jawab secara berulang-ulang sebagai penguatan kemampuan berbahasa anak tunarungu. Pengarusutamaan pembenaran gerak bibir sesuai dengan kata yang dicontohkan, sehingga anak dapat mengucapkan kembali kata dengan tepat dan dapat menuliskan kata secara mandiri. Simpulan penelitian ini bahwa Metode Maternal Reflektif dengan memvisualisasikan kata membantu anak tunarungu mengucapkan kata dengan gerak bibir dan penulisan kata dengan tepat.
Kata kunci : Anak tunarungu, Metode Maternal Reflektif (MMR), Perkembangan bahasa
Deaf children have hearing barriers that cause problems with receptive language skills, so the Maternal Reflective Method needs to be supported. This study aims to examine the Maternal Reflective Method in the language skills of deaf children. This research method uses a literature review that analyzes 12 articles as data from relevant research on the Maternal Reflective Method in the language skills of deaf children. Data analysis techniques are carried out by identifying, evaluating, and interpreting the results of appropriate articles to be used as research references. The results of the literature review analysis showed that the Maternal Reflective Method visualizes words by writing words on the blackboard and repeating questions and answer as a reinforcement of the language skills of deaf children. Mainstreaming the justification of lip movements according to the exemplified word so that the child can re-pronounce the word appropriately and can write the word independently. The conclusion of this study is that the Maternal Reflective Method by visualizing words helps deaf children pronounce words with lip movements and word writing appropriately.