PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI POP-UP PENGENALAN KEARIFAN LOKAL TULUNGAGUNG UNTUK ANAK SD
DESIGNING POP-UP ILLUSTRATION BOOK TO INTRODUCING TULUNGAGUNG LOCAL WISDOM FOR CHILDREN IN ELEMENTARY SCHOOL
Perancangan ini bertujuan untuk membantu siswa dalam memberikan alternatif media pembelajaran yang menarik dengan tema pengenalan kearifan lokal seni budaya yang ada di Kabupaten Tulungagung dalam bentuk media buku ilustrasi pop-up. Selain memberikan edukasi, media buku pop-up juga memberikan pengalaman belajar sambil bermain, ditambah dengan visualisasi 3D yang mengejutkan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan 5W dan 1H. Proses perancangan buku ilustrasi pop-up pengenalan kearifan lokal Tulungagung, diawali dengan menentukan konsep desain, proses visualisasi desain, dan final desain. Hasil perancangan ini berupa buku ilustrasi pop up berjudul “Pop-up Mari Mengenal Kesenian & Budaya Tulungagung” yang memiliki 14 halaman dengan 10 kearifan lokal seni budaya yang ditampilkan. Buku pop-up dirancang dengan menggunakan teknik v-folding yang memiliki efek gambar berdiri. Hasil perancangan juga didukung dengan media pendukung berupa poster, pembatas buku, sticker, pin dan gantungan kunci. Perancangan buku pop-up tersebut diperuntukkan untuk anak Sekolah Dasar khususnya kelas 4-6. Dengan adanya perancangan ini diharapkan dapat membantu siswa dalam menangani kesulitan belajar sehingga ilmu yang didapat dapat terserap dengan baik.
Keywords: Ilustrasi, Pop-Up, Kearifan lokal, Tulungagung
This design aims to assist students in providing attractive alternative learning media with the theme of introducing local wisdom of art and culture in Tulungagung Regency in the form of pop-up illustration book media. Besides providing education, pop-up book media also provides a learning experience while playing, coupled with surprising 3D visualizations. This study uses a qualitative approach. Collecting data using observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques with 5W and 1H. The process of designing a pop-up illustration book introducing Tulungagung local wisdom, begins with determining the design concept, the design visualization process, and the final design. The design results are in the form of a pop up illustration book entitled "Pop-up Let's Get to Know Tulungagung Arts & Culture" which has 14 pages with 10 local wisdoms of cultural arts displayed. The pop-up book is designed using a v-folding technique which has a standing image effect. The design results are also supported by supporting media in the form of posters, bookmarks, stickers, pins and key chains. The pop-up book design is intended for elementary school children, especially grades 4-6. With this design, it is hoped that it can help students in dealing with learning difficulties so that the knowledge gained can be absorbed properly.
Keywords: Illustration, Pop-Up, Local Wisdom, Tulungagung