Media pembelajaran adalah alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan informasi edukatif atau materi kepada peserta didik agar termotivasi untuk belajar dengan lingkungan yang kondusif. Media pembelajaran dimaksudkan untuk membantu dalam proses belajar agar peserta didik memahami materi yang disampaikan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghsilkan media pembelajaran Crossword Puzzle Digital pada kompetensi dasar menjelaskan konsep pemasaran online kelas XI bisnis daring dan pemasaran SMK Negeri 4 Surabaya yang teruji layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dan mendapatkan respon positif dari peserta didik. Penelitin ini merupakan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri dari Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), Disseminate (penyebaran). Dalam penelitian ini disseminate tidak dilakukan karena penelitian ini dilakukan di satu sekolah saja. Instrumen penelitian yang digunakan berupa telaah dan valiasi ahli materi, ahli media dan angket respon peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media pembelajaran Crossword Puzzle Digital memperoleh hasil rata-rata skor validasi ahli materi sebesar 88% dengan kriteria sangat layak, hasil rata-rata skor validasi ahli media sebesar 80% dengan kriteria layak. Penilaian respon peserta didik pada uji coba terbatas memperoleh rata-rata sebesar 91.3% dengan kriteria sangat layak, sedangkan untuk hasil uji coba lapangan memperoleh srata-rata sebesar 91.9% dengan kriteria sangat layak.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Crossword Puzzle Digital, Adobe Flash CS6, Konsep Pemasaran Online
Learning media are aids to the learning process to deliver educational information or material to students so that they are motivated to learn in a conducive environment. Learning media are intended to help in the learning process so that students understand the material presented.
The purpose of this research is to produce Crossword Puzzle Digital learning media on basic competencies to explain the concept of online marketing class XI online business and marketing of SMK Negeri 4 Surabaya which is proven to be suitable for use in teaching and learning activities and get positive responses from students. This research is. This research is a type of development research that refers to the 4D development model which consists of Define, Design, Develop, Disseminate. In this study, disseminate was not conducted because this study was conducted in one school only. The research instrument used was the study and evaluation of material experts, media experts and student questionnaire responses.
The results showed that the feasibility of Crossword Puzzle Digital learning media obtained an average score of 88% material expert validation with very decent criteria, the average results of the media expert validation score of 80% with feasible criteria. Evaluation of students' responses in limited trials obtained an average of 91.3% with very decent criteria, while for field trial results obtained an average of 91.9% with very feasible criteria.
Keywords: Learning Media, Crossword Puzzle Digital, Adobe Flash CS 6, Online marketing concept