Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Reputasi CEO yang diukur menggunakan komponen Usia, Pendidikan, serta Pengalaman terhadap keberlangsungan usaha perusahaan yang diukur menggunakan empat komponen yaitu Profitabilitas, Likuiditas, Pangsa Pasar, serta Arus Kas Operasional perusahaan. Penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dalam menguji hipotesis. Sampel penelitian yang digunakan adalah 339 emiten yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa reputasi CEO dengan komponen usia, pendidikan serta pengalaman berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha dari suatu perusahaan. Hal tersebut disebabkan karena usia, pendidikan, serta pengalaman dari seorang CEO mempengaruhi keputusan mengenai strategi serta kebijakan yang akan diambil. Keputusan terkait strategi maupun kebijkan dari seorang CEO akan berdampak pada kinerja keuangan dari perusahaan tersebut. yang nantinya akan mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam mempertahankan keberlangsungan usahanya.
Kata Kunci : Reputasi CEO, Usia, Pendidikan, Pengalaman, Keberlangsungan Usaha.
This study aims to examine the effect CEO’s Reputation using component namely Age, Education, and Experience on the measured Firm’s Going Concern using four components, namely Profitability, Liquidity, Market Share, and Operational Cash Flow. This studies uses Multiple Linear Regression. The research sample is 339 companies from registered at Bursa Efek Indonesia (BEI). The result of the study show that CEO’s Reputation using 3 components, namely age, education, and experience has an effect on the Firm’s Going Concern. This due to Age, education, and exprerience influence strategic and policy decisions taken by A CEO. The decissions regarding the strategic and policy taken by A CEO has an impact on firm’s financial performance which in turn will affect the firm’s ability to maintain business continuity.
Keywords: CEO’s Reputations, Age, Education, Experience, Going Concern