The Effect of Game Modification on Relay Running on Student Excitement at SMA Negeri 21 Surabaya
Dalam sebuah pembelajaran PJOK sangat diperlukan suasana yang menyenangkan. Karena pembelajaran PJOK merupakan sebuah mata pelajaran yang bisa membuat siswa menghilangkan rasa jenuh dari pembelajaran dari mata pelajaran yang dianggap sulit. Dengan adanya suasana yang menyenangkan dalam materi pembelajaran, maka siswa akan merasa nyaman dan tidak merasa terpaksa saat guru memberikan tugas gerak kepada siswa. Contohnya adalah memberikan sebuah modifikasi permainan terhadap salah satu materi yang bisa di anggap cukup membosankan karena hanya berfokus pada kegiatan fisik dan pembelajaran teknik, yaitu pada materi atletik. Salah satu nomor pada atletik yang dapat digunakan untuk modifikasi permainan adalah lari estafet yang di mana bisa membangun rasa kerja sama antar siswa. Tujuan pemberian modifikasi permainan pada lari estafet adalah supaya siswa lebih merasa gembira saat melakukan pembelajaran PJOK dan mengetahui tingkat kegembiraan siswa. Tidak hanya suasana yang dapat membuat gembira namun juga dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran PJOK karena dirasa nyaman. Untuk mengetahui tingkat dari kegembiraan siswa, alat yang digunakan adalah instrumen berupa angket kegembiraan. Dengan di bantu SPSS 26 untuk mengolah data setelah penelitian selesai dilakukan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa siswa yang mendapat perlakuan lebih bersemangat dan gembira dibandingkan yang tidak. Persentase siswa yang mendapatkan perlakuan sebesar 46,19%, sedangkan jumlah siswa yang tidak mendapatkan perlakuan sebesar 9,5%.
Kata kunci: modifikasi permainan, kegembiraan, lari estafet
In physical education, a pleasant atmosphere is needed. Because physical education is a subject that can make students get rid of boredom from learning subjects that are considered difficult, with a pleasant atmosphere in the learning material, students will feel comfortable and not feel forced when the teacher gives movement assignments to them. An example is providing a game modification of one of the materials that can be considered quite boring because it only focuses on physical activities and technical learning, namely athletic material. One of the numbers in athletics that can be used for game modification is the relay race, which can build a sense of cooperation between students. The purpose of providing game modifications to relay races is to make students feel happier when doing physical education and to find out the level of student excitement. Not only can the atmosphere make you happy, but it can also increase students' interest in learning physical education because they feel comfortable. To determine the level of student excitement, the tool used is an instrument in the form of a joy questionnaire. With the help of SPSS 26 to process the data after the research is done. The results of the research conducted showed that students who received treatment were more enthusiastic and happy than those who did not. The percentage of students who received treatment was 46.19%, while the number of students who did not receive treatment was 9.5%.
Keywords: game modification, enjoyment, relay