Seiring perkembangan TIK dan beragamnya sarana penyampaian informasi kegiatan perkuliahan, berpengaruh pada kecepatan dan ketepatan informasi yang seharusnya segera diterima dan direspon oleh mahasiswa. Untuk itu diperlukan penerapan teknologi dalam sistem informasi yang tepat atau dimanfaatkan secara maksimal.oleh pemakai sistem. Tidak adanya sarana yang representatif, terpadu, dan terorganisir untuk mengakomodir penyampaian informasi kegiatan perkuliahan dapat berdampak terhadap kesulitan mahasiswa dalam memperoleh informasi yang seharusnya segera diterima. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah rancangan mobile app untuk smartphone yang informatif dan terpadu dalam membantu kelancaran proses kegiatan perkuliahan yang lebih efektif dan efisien. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan studi literatur, selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode 5W+1H. Dari hasil penelitian dan dengan menggunakan metode perancangan design thinking diperoleh sebuah rancangan mobile app untuk smartphone mengenai sistem informasi kegiatan perkuliahan untuk mahasiswa yang dipresentasikan dengan prototipe. Prototipe Mobile App ini bernama “Lecis”, akronim dari Lecture Information System (Sistem Informasi Perkuliahan) untuk mahasiswa. Lecis memuat konten tentang informasi kegiatan perkuliahan, seperti adanya perubahan jadwal kuliah, jadwal tugas, ujian, dan informasi lainnya yang berpengaruh dalam pencapain prestasi belajar dan kesinambungan studi mahasiswa.
Kata Kunci: prototipe, mobile app, informasi, perkuliahan, mahasiswa
Along with the development of ICT and various means of delivering information on lecture activities, it affects the speed and accuracy of information that should be immediately received and responded to by students. For this reason, it is necessary to apply technology in the right information system or use it optimally by system users. The absence of a representative, integrated, and organized means to accommodate the delivery of information on lecture activities can have an impact on students' difficulties in obtaining information that should be received immediately. This study aims to create adesign mobile app for smartphones that is informative and integrated in helping the smooth process of lecture activities more effectively and efficiently. The research method used is a qualitative research method, namely descriptive research with data collection techniques through observation and literature study, then the data obtained are analyzed using the 5W+1H method. From the results of the research and using themethod design thinking design , adesignobtained mobile app for smartphones regarding the information system of lecture activities for students waswhich was presented with a prototype. This prototype Mobile App is named "Lecis", an acronym for the Lecture Information System for students. The Lecis contains content about the information on lecture activities, such as changes to class schedules, assignment schedules, exams, and other information that affects student achievement and continuity of study.
Keywords: prototype, mobile app, information, lectures, students