Persepsi Siswa EFL tentang Penggunaan Media Sosial untuk Meningkatkan Keterampilan Mendengarkan Mereka
EFL Students’ Perception on the Use of Social Media to Promote Their Listening Skill
Keterampilan mendengarkan menjadi salah satu keterampilan bahasa yang harus dikuasai terutama mendengar bahasa Inggris. Saat ini, media sosial dapat membantu manusia membangun tingkat bahasa Inggris mereka. Banyak media sosial dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris seperti TikTok, Instagram, YouTube, Twitter, dan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi umum siswa EFL tentang penggunaan di media sosial dan untuk mengetahui persepsi siswa EFL mengenai penggunaan media sosial untuk mempromosikan keterampilan mendengarkan mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain survei. Sampel yang digunakan adalah kelas 11 di salah satu SMA yang berlokasi di Surabaya pada tahun akademik 2023/2024. Instrumen data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara, yang dianalisis menggunakan program SPSS 27. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa menggunakan media sosial untuk kegiatan sehari-hari dan tujuan pendidikan pada waktu yang berbeda. Siswa juga menggunakan berbagai jenis media sosial untuk tujuan yang berbeda. Siswa memiliki sikap yang baik terkait dengan penggunaan media sosial untuk membantu mereka memperoleh keterampilan mendengarkan. Hal ini dapat dilihat dari interpretasi setiap pertanyaan dari kuesioner. Siswa disarankan untuk menggunakan platform media sosial lebih banyak untuk memajukan kemampuan bahasa Inggris mereka. Media sosial dapat menarik minat dan motivasi siswa sehingga guru disarankan untuk memasukkannya ke dalam rencana pelajaran mereka.
Listening skills become one of the language skills that must be mastered especially listening English. Currently, social media can assist human beings to build on their English language level. Many social media can be utilized to enhance English skills such as TikTok, Instagram, YouTube, Twitter, and others. The aims of this research to find out general information do the EFL students have on the use on social media and to know the EFL students’ perceptions of the use of social media to promote their listening skill. The research used a descriptive quantitative research method with a survey design. The sample used was the eleventh grade in one of the senior high schools that is located in Surabaya in the academic years of 2023/2024. The data instruments used in the research are a questionnaire and interview, which were analyzed using the SPSS 27 program. The results showed that students use social media for everyday activities and educational purposes at different times. Students also used various kind of social media for different purposes The students have a great attitude related to the use of social media to help them acquire listening skill. It can be seen from the interpretation of each question from the questionnaire. Students are recommended to use social media platforms more to advance their English language proficiency. Social media can pique students' interest and motivation so teachers are suggested to incorporate it into their lesson plans.