Wahyudi, Novi Eko. 2020. Pengaruh
Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Abad 21 p ada Mata Pelajaran Sistem d an Instalasi Refrigerasi d i SMKN 1 Lamongan Ditinjau d ari Motivasi Kerja Siswa . Tesis, Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Pascasarjana,
Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Supari Muslim, M.Pd.,
dan (II)
Dr. Meini Sondang Sumbawati, M.Pd.
Kata-kata Kunci: berpikir
kritis, berpikir kreatif, komunikasi, kolaborasi, pembelajaran berbasis proyek,
motivasi kerja.
Penelitian eksperimen dengan desain penelitian
faktorial ini bertujuan untuk: (1) menganalisis perbedaan keterampilan 4-C siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis proyek dan siswa
yang diajar dengan model pembelajaran langsung; (2) menganalisis perbedaan keterampilan 4-C antara siswa yang memiliki
motivasi kerja tinggi dan siswa yang memiliki motivasi kerja rendah; (3) menganalisis
interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan motivasi kerja siswa
terhadap keterampilan 4-C siswa. Sampel penelitian yang diambil mengunakan
teknik simple random sampling . Subjek penelitian akan dibagi menjadi dua kelompok,
yaitu: (1) kelompok eksperimen terdiri dari 30
siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran
berbasis proyek; dan (2) kelompok kontrol terdiri dari 30 siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran
langsung.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) keterampilan 4-C ( berpikir kritis, berpikir kreatif, kolaborasi dan komunikasi) siswa
yang diajar mengunakan model pembelajaran berbasis proyek, lebih tinggi secara
siginifikan dibanding siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran
langsung; (2) keterampilan 4-C ( berpikir kritis,
berpikir kreatif, kolaborasi dan komunikasi) siswa
yang memiliki motivasi kerja tinggi, lebih tinggi secara signifikan dibanding
siswa yang memiliki motivasi kerja rendah; (3) terdapat interaksi secara
signifikan antara penggunaan model pembelajaran dan motivasi kerja siswa
terhadap
keterampilan 4-C ( berpikir kritis, berpikir kreatif, kolaborasi dan komunikasi) siswa.