Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-book interaktif pada materi ekosistem untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA yang dinyatakan layak dari segi teoritis maupun empiris. Kelayakan teoritis ditinjau berdasarkan validasi dan kelayakan empiris ditinjau berdasarkan keterbacaan, keterlaksanaan dan angket respon siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah 4D (define, design, develop dan disseminate) yang dilakukan di Laboratorium Pembelajaran Pusat Kajian MIPA dan Pembelajaran Gedung IsDB, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya pada bulan Desember 2019 - Januari 2020. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode validasi, pengamatan, keterbacaan dan angket siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptifkualitatif. E-book interaktif yang telah dikembangkan diuji cobakan secara terbatas pada 20 siswa kelas X SMA Negeri 16Surabaya. Hasil validasi oleh pakar diperoleh skor rata-rata keseluruhan sebesar 96,9%dinyatakan sangat layak. Kelayakan empiris berdasarkan keterbacaan memperoleh hasil level kelas 10. Keterlaksanaan e-book interaktif pada materi ekosistem untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa menunjukkan kepraktisan 100% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan angket respon 20 siswa menunjukkan 99,8% dengan kategori sangat positif.
Kata Kunci :E-book, Interaktif, BerpikirKritis, Ecosystem.
The purpose of the research are to producean interactive e-book on ecosystem material to train critical thinking skills of student senior high school grade X who are stated to be valid in both theoretical and empirical terms. The theoretical feasibility was reviewed based on validation and empirical feasibility was reviewed based on readability, implementation and questionnaire responses of students. The research was conducted based on 4D model (define, design, develop and disseminate) stage in the Learning Laboratory for MIPA Study Center and IsDB Building Learning, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Surabaya State University in December 2019 - January 2020. Data collection technique used validation, observation, readabilityand student questionnaire. Data analysis was done qualitatively. Interactive e-bookhas been tested on a limited basis for 20 students grade X of Senior High School 16Surabaya. The results of the validation by experts obtained an overall average score of 96,9%stated to be very feasible. Empirical feasibility based on readability obtained the result of class 10 levels.The implementation of interactive e-books on ecosystemmaterial to train critical thinking skills showed practicality with a percentage of100%. While the questionnaire responses of 20 students showed 99,8%gave positive responses.