PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PERMAINAN TRADISIONAL BALAP KARUNG MODIFIKASI PADA KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK KELOMPOK A
THE DEVELOPMENT OF THE MODIFIED SACK RACE TRADITIONAL GAMES GUIDEBOOK IN COGNITIVE SKILLS TO RECOGNIZE THE SYMBOL OF NUMBERS IN GROUP A CHILDREN
Tujuan dari penelitin ini adalah untuk menghasilkan suatu produk berupa buku panduan permainan tradisional balap karung modifikasi yang layak untuk guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A. Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (RnD). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluate). Subjek dalam penelitian ini adalag guru PAUD di Kota Gresik. Penelitian ini menggunakan angket sebagai metode pengumpulan data yang dilakukan online melalui formulir Google. Hasil uji validasi materi dan uji validasi media menunjukkan bahwa buku panduan layak digunakan dengan keterangan sangat dibutuhkan. Uji coba yang dilakukan kepada guru PAUD menunjukkan bahwa buku panduan sangat valid dan layak untuk digunakan dalam memberikan pembelajaran pengenalan lambang bilangan pada anak kelompok A dengan kriteria sangat baik. Buku panduan permainan tradisional balap karung modifikasi ini dapat menambah pengetahuan serta informasi guru PAUD dalam menyampaikan informasi dan pembelajaran pengenalan lambang bilangan melalui kegiatan menarik dan menyenangkan serta menjadi ide untuk guru PAUD dalam pengembangan lebih lanjut.
This research aims to produce a product which is a guidebook of modified sack race traditional games, which is feasible for teachers to develop cognitive skills to recognize the symbol of numbers in group A children. This research used Research and Development (R&D). This research's development model is the ADDIE development model (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate). The subject of this research is kindergarten teachers in Gresik. This research used a questionnaire as the data collection method, which is done online through Google Form. The material validation test and media validation test results indicate that the guidebook is feasible for use with information that is very much needed. The trials conducted on kindergarten teachers showed that the guidebook is very valid and feasible to use in providing learning to recognize the symbol of numbers in group A children with excellent criteria. This guidebook of modified sack race traditional games could add knowledge and information for kindergarten teachers to deliver information and recognize the symbol of numbers learning through exciting and fun activity and be the idea for kindergarten teachers to develop it.