IMPLEMENTASI PRINSIP ANDRAGOGI UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK DI LKP SURABAYA HOTEL SCHOOL
IMPLEMENTATION OF THE PRINCIPLE OF ANDRAGOGY TO IMPROVE STUDENT COMPETENCE AT LKP SURABAYA HOTEL SCHOOL
Pendidikan merupakan garda utama untuk mewujudkan cita-cita bangsa. Pendidikan memiliki tanggung jawab penting dalam melahirkan generasi yang mampu menjawab tantangan global. Tujuanpenelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi prinsip andragogi untuk peningkatan kompetensi peserta didik. Pendekatanpenelitian ini kualitatif dimana dalam proses pengambilan data menggunakan teknik wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, display data, veriviaksi dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, prinsip andragogi diimplementasikan dalam pembelajaran dan kemudian implementasi prinsip andragogi dapat meningkatkan kompetensi yang dimiliki peserta didik dapat dilihat melalui 1) pengetahuan pemahaman materi seputar perhotelan secara detail dan sesuai dengan kondisi lapangan kerja, 2)keterampilan dalam melakukan praktek kerja dan penggunaan fasilitas yang disediakan, 3) sikap selama dikelas sebagai gambaran attitude bekerja. Prinsip andragogi yang diimplementasikan meliputi 1) konsep diri sebagai usaha tutor dalam membangun kesadaran peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran, 2) pengalaman yang dimiliki tutor dan peserta didik dielaborasikan kedalam proses pembelajaran sebagai bentuk sumber belajar dan hasil belajar,3) kesiapan belajaryang diberikan oleh tutor kepada peserta didik agar peseta didik secara mandiri mampu menyiapkan dirinya untuk mengikuti proses pembelajaran, 4) orientasi belajaryang diimplementasikan melalui usaha lembaga maupun tutor dalam memberikan fasilitias agar peserta didik memiliki gambaran dan juga motivasi belajar guna memenuhi tujuan belajar mereka yang mengarah kepada pemenuhan karir.
Kata Kunci: prinsip andragogi, kompetensi, lembaga kursus dan pelatihan
Education is the main guard to realize the ideals of the nation. Therefore, education has an important responsibility in giving birth to a generation capable of responding to global challenges. The purpose of this study is to analyze and describe the implementation of andragogy principles for increasing student competence. This research approach is qualitative where the data collection process uses in-depth interview techniques, and documentation. Data analysis of this research was carried out through data collection, data reduction, data display, verification and conclusions. The results of the research, the andragogy principle is implemented in learning and then the implementation of the andragogy principle can improve the competence of students can be seen through 1) knowledge of understanding material about hospitality in detail and in accordance with working conditions, 2) skills in carrying out work practices and use of facilities provided, 3) attitude during class as an illustration of working attitude. The andragogy principles implemented include 1) self-concept as a tutor’s effort in building awarness of students to follow the learning process, 2)teh experince of tutors and students is elaborated into the learning resources and learning outcomes, 3) learning readliness provide by tutors to students can independetly prepare themselves to take part in the learning process, 4) learning orientation which is implemented trough the efforts of institutions or tutors in providing facilities so that students have an overview and also learn motivation to meet their learning goals that lead to career defenders.
Keywords:. andragogy principle, competencies, institutions of course and training.