PENERAPAN METODE SMALL SIDE GAME TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA DI SMA ASSA'ADAH
APPLICATION OF THE SMALL SIDE GAME METHOD ON LEARNING OUTCOMES OF FOOTBALL PASSING AT ASSA'ADAH HIGH SCHOOL
Nama : M. Farich Fitriyan
NIM : 20060464028
Prodi : S – 1 Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi
Fakultas : Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Nanang Indriarsa, S.Pd.,M.Psi.T
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penerapan metode small side game terhadap hasil belajar passing sepakbola di SMA Assa'adah. Menggunakan penelitian true experimental dengan true eksperimen pretest-posttest control group, penelitian ini melibatkan dua kelompok yaitu eksperimen Dan kontrol setiap kelompok 25 sampel. Instrumen yang digunakan adalah instrumen pengetahuan dan instrumen keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan t nilai p-Value menunjukkan 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan hasil pengetahuan passing sepakbola pada kelompok eksperimen dan kontrol. Dari hasil peningkatan pengetahuan pada kelompok eksperimen berada dalam kategori sedang dan pada kelompok kontrol di kategori rendah. Pada hasil keterampilan kelompok eksperimen berada dalam kategori peningkatan tinggi sedangkan pada kelompok kontrol berada dalam kategori peningkatan sedang. Hal itu menunjukkan intervensi yang dilakukan efektif meningkat.
Kata Kunci: SSG, Hasil Belajar, Sepak Bola
Name : M. Farich Fitriyan
Study Program : S – 1 Physical Education, Health and Recreation
Faculty : Sports and Health Sciences
Name of Institution : Surabaya State University
Advisor : Nanang Indriarsa, S.Pd.,M.Psi.T.
This research aims to determine the application of the small side game method to the learning outcomes of football passing at Assa'adah High School. Using true experimental research with a true experimental pretest-posttest control group, this research involved two groups, namely experimental and control, each group had 25 samples. The instruments used are knowledge instruments and skills instruments. The results of the research show that the t-value of p-Value shows 0.000 <0.05, which means that there are differences in the results of football passing knowledge in the experimental and control groups. From the results, the increase in knowledge in the experimental group was in the medium category and in the control group in the low category. The results of the experimental group's skills were in the high improvement category, while the control group's skills were in the moderate improvement category. This shows that the effectiveness of the intervention is increasing.
Keywords: SSG, Learning Ouctcomes, Football