Motivasi Orang Tua dalam Penentuan Pendidikan Tinggi Anak di Kelurahan Meri Kota Mojokerto
Parents Motivation in Determining Childrens Higher Education in Meri Village Mojokerto City
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan motivasi orang tua dalam penentuan pendidikan tinggi anaknya di Kelurahan Meri Kota Mojokerto. Fokus dalam penelitian ini adalah analisis motivasi orang tua dalam pemberian keputusan penentuan pendidikan tinggi lanjutan anak. Landasan teori yang digunakan adalah teori motivasi Abraham Maslow terdiri atas beberapa indikator yakni kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Informan penelitian ini adalah tiga orang tua yang memiliki anak remaja berusia 17 sampai 18 tahun yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dan observasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian motivasi orang tua dalam penentuan pendidikan tinggi anaknya agar anak bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik, mendapatkan pekerjaan yang layak di masa depan, mendapatkan eksistensi di lingkungan keluarga dan masyarakat, mendapatkan dukungan dan bantuan dari keluarga besar, serta dapat membentuk karakter dan moral yang lebih baik. Hanya saja dalam proses diskusi penentuan pendidikan tinggi lanjutan terdapat perbedaan pendapat antara orang tua dan anak ketika memiliki pilihan jurusan yang tidak sama. Anak menyetujui untuk mengikuti arahan dari orang tua masuk di jurusan yang sesuai keinginan orang tua karena merasa pilihan orang tua tidak buruk dan sebagai bentuk bakti anak terhadap orang tua.
Kata Kunci: motivasi, orang tua, pendidikan tinggi anaknya
The purpose of this research is to describe the motivation of parents in determining their childrens higher education in Meri Village, Mojokerto City. The focus of this study is the analysis of parents motivation in making decisions regarding their childrens further higher education. The theoretical foundation used is Abraham Maslows motivational theory consisting of several indicators, namely physiological needs, safety needs, social needs, esteem needs, and self actualization needs. This study used qualitative research with a descriptive research design. The informants of this study were three parents who had teenagers aged 18 to 19 years who continued their education at tertiary institutions. Data collection techniques in this study were in depth interviews and observation. The data validation technique uses technical triangulation. Data analysis techniques include data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of research on parents motivation in determining their childrens tertiary education so that children can get a better education, get decent jobs in the future, gain existence in the family and community environment, get support and assistance from extended families, and can form good character and morals. better. Its just that in the process of discussing the determination of further higher education, there are differences of opinion between parents and children when they have different choices of majors. The child agrees to follow directions and the parents enter the department according to the wishes of the parents because they feel that the parents choice is not bad and is a form of childs devotion to their parents.
Keywords: motivation, parents, childs higher education