Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Produk Kecantikan Wardah di Kota Surabaya
The Influence of Brand Image and Brand Awareness on Customer Loyalty Through Customer Satisfaction as Intervening Variables for Consumers of Wardah Beauty Products in Surabaya City
Penelitian ini membahas mengenai bagaimana brand image, brand awareness dan kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada pengguna produk kecantikan Wardah di kota Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh brand image dan brand awareness terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada pengguna produk kecantikan Wardah di kota Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan purposive sampling jumlah 100 responden yang merupakan pengguna produk kecantikan Wardah di kota Surabaya. Alat uji analisis yang digunakan adalah SPSS versi 22.0 dengan metode path analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand image memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan, brand awareness memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan, brand image memiliki pengaruh terhadap terhadap loyalitas pelanggan, brand awareness memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan, dan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan.
Kata Kunci: Brand Image, Brand Awareness, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan.
This study discusses how brand image, brand awareness and customer satisfaction affect customer loyalty among users of Wardah beauty products in the city of Surabaya. The purpose of this study was to test and analyze the influence of brand image and brand awareness on customer loyalty through customer satisfaction as an intervening variable for users of Wardah beauty products in Surabaya. The sampling technique used was non-probability sampling with purposive sampling of 100 respondents who are users of Wardah beauty products in the city of Surabaya. The analytical test tool used is SPSS version 22.0 with the path analysis method. The results of this study indicate that brand image has an influence on customer satisfaction, brand awareness has an influence on customer satisfaction, brand image has an influence on customer loyalty, brand awareness has an influence on customer loyalty, and customer satisfaction has an influence on customer loyalty.
Keywords: Brand Image, Brand Awareness, Customer Loyalty, Customer Satisfaction.