Pengayaan merupakan tambahan pembelajaran bagi peserta didik dengan keunggulan dalam belajar ditandai oleh tercapainya kriteria ketuntasan minimum yang dilakukan supaya tersedia kesempatan pembelajaran yang baru sehingga peserta didik dapat memaksimalkan perkembangan bakat, minat, dan kemampuannya. Dalam melakukan aktivitas pengayaan dapat dilakukan melalui berbagai bentuk kegiatan, salah satunya dengan menggunakan media permainan. Tujuan dari penggunaan permainan sebagai media pengayaan adalah untuk memotivasi peserta didik untuk mempelajari kembali materi yang telah dipelajari serta mengembangkan pengetahuan yang dimiliki dengan lebih optimal.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pengayaan berupa permainan kartu BTS (Bid To Score) yang mengadaptasi dari permainan kartu lelang mania pada materi akuntansi piutang yang ditujukan untuk peserta didik kelas XI Akuntansi di SMKN 10 Surabaya yang telah diuji dan layak digunakan dalam aktivitas pengayaan.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian adalah model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang mencakup tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket terbuka dan angket tertutup. Angket terbuka diperoleh dari telaah oleh para ahli dan menghasilkan data yang bersifat kualitatif, sedangkan angket tertutup menghasilkan data kuantitatif yang diperoleh dari validasi para ahli dan respon peserta didik. Hasil skor validasi dianalisis menggunakan skala Likert, sedangkan respon peserta didik dianalisis menggunakan skala Guttman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media pengayaan BTS (Bid To Score) memperoleh hasil kelayakan melalui validasi ahli materi dengan rata- rata skor sejumlah 84, 2% dan rata – rata skor validasi ahli media sejumlah 96,6%, keduanya termasuk kriteria “sangat layak”. Respon peserta didik terhadap media memperoleh hasil yang sangat baik dengan rata – rata skor sejumlah 85 % dengan kriteria “sangat memahami”. Dengan demikian, berdasarkan kriteria kelayakan dan respon peserta didik dapat disimpulkan bahwa permainan kartu BTS (Bid To Score) layak untuk digunakan sebagai media pengayaan pada materi akuntansi piutang untuk peserta didik kelas XI Akuntansi di SMKN 10 Surabaya.
Kata Kunci : Pengembangan, media pengayaan, bid to score, akuntansi piutang
Enrichment is an additional activity for students with superiority in learning marked by the completion of the minimum completion criteria which done so there will be new learning chance available, so that the students could maximize their development in talent, interest and ability. In conducting enrichment activities, could be done through various activity form, one of them is by using game. The purpose of using game as an enrichment media is to motivate students to recall subjects they have learned and to develop their knowledge optimally.
The purpose of this research is to produce enrichment media in the form of BTS (Bid To Score) card game which adapted from lelang mania card game on account receivable accounting subject for grade XI Accounting students in vocational high school 10 Surabaya which have been tested and fit to be used for enrichment activities.
The development model used in this research is the 4D development model by Thiagarajan which covers defining, design, development, and disseminate phases. Data collecting technique done through open questionnaire and closed questionnaire. Open questionnaire obtained from the study of the subject experts and produce qualitative data, while closed questionnaire produced quantitative data obtained from experts validation and student’s response. Validation score result analyzed by using Likert scale, while student’s responses are analyzed by using Guttman scale.
The results of the research showed that the appropriateness of the BTS (Bid To Score) enrichment media obtained appropriateness results through subject expert validation with average score of 84,2% and media expert validation with average score of 96,6%, both of the results classified as “very appropriate” criteria. Students response towards the media obtained a very good result with average score of 85% with the criteria of “very understand”. Thus, based on the appropriateness criteria and student’s responses it can be concluded that BTS (Bid To Score) card game fit to be used as enrichment media on account receivable accounting subject for grade XI Accounting students in vocational high school 10 Surabaya.
Keywords: Development, enrichment media, bid to score, account receivable accounting.