PENGEMBANGAN MEDIA BRUDERKARTE UNTUK PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA JERMAN SMA KELAS XII SEMESTER 1
BRUDERKARTE MEDIA DEVELOPMENT FOR GERMAN LANGUAGE SPEAKING LEARNING FOR CLASS XII IN SEMESTER 1
ABSTRAK
Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai sehingga perlu adanya latihan secara rutin. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bahasa Jerman di SMAN 8 Surabaya dan MAN Bangkalan, diketahui bahwa keterampilan berbicara bahasa Jerman sangat kurang. Penggunaan media pembelajaran juga belum pernah digunakan sehingga perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang baru dan berbeda dengan media-media sebelumnya. Media pembelajaran yang dikembangkan adalah media pembelajaran Bruderkarte. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pengembangan media Bruderkarte untuk pembelajaran berbicara bahasa Jerman kelas XII semester 1. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan media Bruderkarte untuk pembelajaran berbicara bahasa Jerman kelas XII semester 1.
Penelitian ini dikaji dengan beberapa teori. Teori pengembangan yang digunakan adalah milik Sadiman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data dari penetilian ini adalah buku ajar Kontakte Deutsch dan gambar-gambar tentang hobi diambil dari internet. Penelitian ini menggunakan 8 prosedur penelitian dalam pengembangan yaitu, analisis kebutuhan, merumuskan tujuan, merumuskan materi, menyiapkan alat evaluasi, pembuatan produk, validasi media dan materi, revisi media, dan media siap digunakan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket validasi media dan juga validasi materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Bruderkarte layak digunakan sebagai media pembelajaran. Persentase hasil validasi media yang diperoleh adalah 78,125% sedangkan validasi materi sebesar 85%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Bruderkarte baik digunakan untuk pembelajaran berbicara bahasa Jerman kelas XII semester 1.
Kata Kunci: Pengembangan, Bruderkarte, Keterampilan Berbicara
ABSTRACT
Speaking skill is one of the most important skills. Based on interviews with German language teachers at SMAN 8 Surabaya and MAN Bangkalan. The results of the interviews are shown, that German speaking skills students are not very good. This factor is caused of the use of learning media that is rarely used. So it is a needed to develop learning media. The developing media is Bruderkarte. The formulation of the problem in this study is how the process of developing Bruderkarte media for learning to speak German class XII semester 1. The purpose of this study is to describe the process of developing Bruderkarte media for German speaking skills learning for class XII semester 1. This research has used some theories namely theory from Sadimans.
This type of research is a qualitative. Data were taken from Kontake Deutsch. And the pictures of hobbies taken from the internet. This study uses 8 research procedures namely, needs analysis, formulating objectives, formulating material, developing evaluation tools, making products, validating, revising. The instruments in this study came from media validation questionnaire and material validation. The results showed that the Bruderkarte learning media was appropriate to be used as a learning medium. From the result of Medien validation showed 78,125% and for the result of material validation is 85%. And it means that Bruderkarte is good media. And can be used in the Germany XII semester 1 especially for speaking class.
Keywords: Development, Bruderkarte Media, Speaking Skills