Studi Literatur : penerapan Modul busana anak di SMK TATA BUSANA
LITERATURE STUDY: APPLICATION OF CHILDREN'S CLOTHING MODULES IN CASHITY VOCATIONAL SCHOOLS
Modul merupakan bahan ajar yang dipakai sebagai pendukung pembelajaran mandiri karena siswa cenderung kurang aktif dikelas dan sebagai bekal siswa tata busana setelah menempuh pelajaran busana anak. Penelitian ini mengulas tentang studi literatur penerapan modul busana anak di SMK Tata Busana. Penelitian ini bertujuan menganalisis keberhasilan modul tata busana, khususnya pada mata pelajaran busana anak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dekskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan studi literatur. Sumber data dalam penelitian ini dikutip dari buku, artikel, dan jurnal yang telah terpublikasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu pengembangan modul busana anak akan mendapatkah hasil yang lebih efektif apabila menggunakan teori Borg & Gall pada modul yang digunakan dalam pembelajaran secara langsung dan memiliki hasil yang efektif pada e-modul jika menggunakan teori ADDIE. Modul pembelajaran dipilih karena memiliki karakteristik self instructional dan stand alone. Dari hasil penelitian yang telah dikaji, modul pembelajaran busana anak di SMK tata busana mampu meningkatkan minat belajar, motivasi, mengatasi keterbatasan waktu serta mendukung pembelajaran mandiri, akan tetapi pada beberapa materi seperti modul pembelajaran tentang pola memang tetap butuh didampingi guru terlebih dahulu dalam penggunaannya.
The module is a teaching material that is used as a support for independent learning because students tend to be less active in class and as a provision for fashion design students after taking children's fashion lessons. This study reviews the literature study on the application of children's clothing modules at Fashion Design Vocational Schools. This study aims to analyze the success of the fashion module, especially in the subject of children's clothing. The type of research used in this research is descriptive qualitative research with data collection methods using literature studies. Sources of data in this study were quoted from published books, articles, and journals. The results of this study are that the development of children's clothing modules will get more effective results when using the Borg & Gall theory on modules used in direct learning and have effective results on e-modules if using the ADDIE theory. The learning module was chosen because it has self-instructional and stand-alone characteristics. From the results of the research that has been studied, the module for learning children's clothing at fashion vocational schools is able to increase interest in learning, motivation, overcome time constraints and support independent learning, however, in some materials such as learning modules about patterns, it still needs to be accompanied by a teacher first in its use.