Pengembangan E-Modul Pembelajaran IPS Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Berintegrasi Kahoot Untuk Siswa Kelas IV SD
Development of Kahoot Integrated Constructivism Learning E-Module Social Studies Approach for Grade IV Elementary School Students
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa keterbatasan yang ditemukan dalam pengembangan E-Modul pada penelitian sebelumnya, di antaranya: (1) belum terdapat E-Modul yang mengusung tokoh spesial untuk membantu peserta didik menjelajah isi E-Modul, (2) penyajian materi hanya sebatas gambar dan tulisan saja, hal tersebut kurang sesuai dengan kebutuhan kurikulum merdeka yang lebih optimal menggunakan konten, (3) materi yang terkandung dalam E-Modul kurang mendukung dalam pembelajaran berbasis konstruktivisme, (4) latihan soal yang tersedia kurang menunjukkan karakter konstruktivisme. (5) kegiatan evaluasi pembelajaran yang diterapkan guru masih memakai cara konvensional yang kurang efisien yaitu hanya melalui tes tulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan E-Modul pembelajaran IPS berbasis pendekatan konstruktivisme berintegrasi kahoot untuk siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV B SD Negeri DR. Soetomo V Surabaya. E-Modul Pembelajaran IPS Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Berintegrasi Kahoot yang telah dikembangkan dan melalui proses uji validasi, dengan validasi ahli materi mendapat hasil presentase 96,73% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan validasi ahli media mendapat hasil presentase 82,81% dengan kriteria valid. Dari uji praktikalitas yang telah dilakukan pada guru dan siswa, dengan hasil presentase yang diperoleh dari guru sebesar 95,45% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan dari siswa diperoleh hasil presentase sebesar 84,72% dengan kriteria valid. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa E-Modul yang dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar yang dapat membantu proses belajar peserta didik dan membantu guru.
Kata Kunci: E-Modul, Konstruktivisme, Kahoot
This research is motivated by several limitations found in previous studies on the development of E-Modules, including: (1) the absence of E-Modules that incorporate special figures to assist students in exploring the contents, (2) the limited presentation of materials to only pictures and writing, which does not align with the requirements of an independent curriculum that optimally utilizes content, (3) the lack of support for constructivism-based learning in the materials contained within the E-Module, (4) the exercise questions available do not reflect the characteristics of constructivism, and (5) the learning evaluation activities implemented by teachers still rely on conventional methods, such as written tests, which are less efficient. The purpose of this study was to determine the validity and practicality of an E-Module for Social Science learning, based on the constructivism-integrated Kahoot approach, for fourth-grade elementary school students. This type of research adopts the Research and Development (R&D) framework, utilizing the 4D model consisting of four stages: Define, Design, Develop, and Disseminate. The participants in this study were students from Class IV B at SD Negeri DR. Soetomo V in Surabaya. The developed E-Module, incorporating the Kahoot Integrated Constructivism Approach-Based Social Studies Learning, underwent a validation process. The material expert validation yielded a percentage of 96.73%, indicating very high validity. Meanwhile, the media expert validation obtained a percentage of 82.81%, indicating high validity. Practicality tests conducted with teachers and students yielded percentages of 95.45% and 84.72% respectively, both indicating valid criteria. Thus, it can be concluded that the developed E-Module can be utilized as one of the materials in the teaching and learning process.
Keywords: E-Module, Constructivism, Kahoot