Korelasi antara Strategi Berbicara Mahasiswa EFL dan Gaya Berpikir Mereka
Correlation between Speaking Strategies of EFL Undergraduates and Their Thinking Styles
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tentang hubungan antara strategi berbicara mahasiswa EFL dan gaya berpikir mereka. Peneliti menggunakan analisis uji chi-square yang melibatkan 47 mahasiswa tingkat kedua (34 perempuan dan 13 laki-laki) jurusan bahasa Inggris di Universitas Negeri Surabaya. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini mengadopsi dua kuesioner yang dikembangkan dari LLS Oxford speaking 20 item (1990) dan Sternberg dan Wagner (1992) TSI 65 item dengan terdapat bagian informasi tentang jenis kelamin. Berdasarkan analisis, penelitian ini menemukan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara strategi berbicara mahasiswa EFL dengan jenis kelamin (X2= 1,736), gaya berpikir mahasiswa EFL dengan jenis kelamin (X2= 1,043), strategi berbicara dan gaya berpikir mahasiswa EFL dengan jenis kelamin (X2= 2,839).
Kata Kunci: Mahasiswa EFL, Strategi berbicara, Gaya berpikir
The present study was conducted to analyze the correlation between speaking strategies of EFL undergraduates and their thinking styles. The researcher used chi-square test analysis which 47 sophomore students (34 female and 13 male) in the English department at the state university of Surabaya. In collecting the data, this study used two adopted questionnaires that was developed from Oxford’s LLS speaking 20 items (1990) and Sternberg and Wagner’s (1992) TSI 65 items included among the side of background information on their gender. As concerns on the analysis, this study found that there were no significant correlation between the speaking strategies of EFL undergraduates and their gender (X2= 1.736), the thinking styles of EFL undergraduates and their gender (X2= 1.043), speaking strategies and thinking styles of EFL undergraduates and their gender (X2= 2.839).
Keywords: EFL students, speaking strategies, thinking styles