Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, hasil belajar peserta didik serta respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan model guided discovery. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Gedangan yang berjumlah delapan kelas. Sampel penelitian ditentukan atas rekomendasi guru dan di peroleh kelas X MIA 5, X MIA 2 dan X MIA 6 yang berdistribusi normal dan homogen. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode observasi, metode tes dan metode angket respon. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran guided discovery pada materi gerak harmonic sederhana terlaksana dengan baik. Hasil belajar peserta didik pada aspek pengetahuan di kelas X MIA 5, X MIA 2 serta X MIA 6 meningkat dengan kategori tinggi, sedangkan pada aspek keterampilan semua peserta didik tuntas. Pembelajaran guided discovery memperoleh respon yang sangat baik dari peserta didik.
Kata kunci : guided discovery, hasil belajar, gerak harmonik sederhana
This research aims to described accomplishment learning activities, student learning outcomes and response of students toward guided discovery learning. Type of research is quantitative research. Population of this research is a whole grader X students in Senior High School 1 Gedangan which consisted of five classes. The sample of research taken by recommendation of teacher and obtained class X MIA 2, X MIA 5 and X MIA 6 with normally distributed and homogeneous. The method used in this study is the observation method, test method and questionnaire response method. The research result show that the implementation of guided discovery learning on simple harmonic vibration carried out well. The result student outcomes of knowledge aspect in the class X MIA 2, X MIA 5 and X MIA 6 increased with high category, while of skill aspect all of student is completed. Guided discovery learning obtained very well response from student.
Keywords: guided discovery, learning outcomes, simple harmonic vibration.