ETNOPEDAGOGI KESENIAN REOG CEMANDI UNTUK PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR
THE ETNOPEDAGOGIC OF REOG CEMANDI ART TO STRENGHTEN NATION CHARACTER EDUCATION OF THE FIFTH GRADE STUDENTS IN ELEMENTARY
Fakhiroh, Nur Zakiyatul. 2020. Etnopedagogi Kesenian Reog Cemandi Untuk Penguatan Pendidikan Karakter Bangsa Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Tesis. Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1) Dr. Agus Suprijono, M.Si, (2) Dr. M. Jacky, S.Sos, M.Si.
Kata Kunci: Etnopedagogi, Kesenian Reog Cemandi, Pendidikan Karakter Bangsa.
Indonesia memiliki beragam kearifan lokal yang harus dilestarikan. Kearifan lokal juga dapat digunakan peserta didik sebagai filter di tengah derasnya dampak negatif globalisasi yang membuat merosotnya moral generasi muda. Dengan penelitian ini, maka peneliti menggali makna simbolik serta nilai yang terdapat pada kesenian Reog Cemandi yang kemudian ditransformasikan ke dalam pendidikan karakter dalam bentuk handout bagi peserta didik kelas V Sekolah Dasar.
Penelitian ini merupakan penelitian mix method yakni penelitian yang dimulai dari temuan kualitatif yaitu menggali informasi mana simbolik serta nilai yang terdapat pada kesenian Reog Cemandi, kemudian nila tersebut ditransformasikan dalam pendidikan karakter dalam bentuk handout dengan menggunakan penelitian research and development. Produk yang dihasilkan berupa handout dan hanya dibatasi pada satu kompetensi dasar. Informan penelitian yaitu pelaku Reog Cemandi, penikmat Reog Cemandi serta peserta didik kelas V SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu validasi handout, observasi, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap simbol yang terdapat pada kesenian Reog Cemandi memiliki makna yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam bersikap. Nilai-nilai yang terkandung dalam kesenian Reog Cemandi yang dapat dijadikan sebagai etnopedagogi masyarakat Sidoarjo adalah religi, toleransi, kerja keras, semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan peduli sosial. Integrasi Kesenian Reog Cemandi dengan Pembelajaran Tema 7 Kelas V adalah dengan mengintegrasikan nilai cinta tanah air ke dalam pembelajaran dalam bentuk handout. Handout telah divalidasi oleh validator yang menunjukkan bahwa handout sudah layak diimplementasikan kepada peserta didik kelas V Sekolah Dasar dengan hasil 3.83 atau dengan prosentasi 95,75%.
Fakhiroh, Nur Zakiyatul. 2020. The Etnopedagogic of Reog Cemandi Art to Strenghten Nation Character Education of The Fifth Grade Students in Elementary School. Thesis. Elementary. Postgraduate. The State University of Surabaya. Supervisor (1) Dr. Agus Suprijono, M.Si, (2) Dr. M. Jacky, S.Sos, M.Si.
Keywords: Etnopedagogic, Reog Cemandi Art, National Character Building.
Indonesia has a variety of local wisdom that must be preserved. Local wisdom is believed as a strong filter for the students within the negative impacts coming from today’s globalization waves. It makes our young generations judged characteristically worse. Through this study, the researcher tried to find out symbolic meaning as well as the value on Reog Cemandi art which then transformed into character building in the form of handout for the fifth grade in an elementary school.
This research is a type of mix method research. It started from a qualitative finding that was used to figure out the information of symbolic meaning and any value raised in Reog Cemandi art. Then, the value was transformed in character building in the form of a handout using research and development studies. The resulting product will be a handout which only sets one level of basic competence. The informan for this research was the art peformers of Reog Cemandi, the audiences and the fifth grade students in elementary schools. The tehnique of collecting the data was validating the handout, observation and interview.
The result of the study shows that every symbol in Reog Cemandi art contains meaning which can be good reference in behaving. The values contained in Reog Cemandi art can be used as etnopedagogic for the society in Sidoarjo such as religious, tolerance, hard work, the spirit of nationalism, patriotism and social care. The integration of Reog Cemandi art and the learning theme 7 in the fifth grade is by integrating the spirit of nationalism value into the learning in the form of handout. Handout had been validated by the validator who shows that the handout is feasible to be implemented for the students in the fifth grade of elementary school with the result 3.83 or with the precentage of 95,75%.