Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada mata kuliah Sistem Digital pada materi gerbang logika, agar mahasiswa mampu belajar secara mandiri tanpa terbatas ruang dan waktu serta untuk meningkatkan minat belajar mahasiswa. Berikut rumusan masalah penelitian ini: (1) bagaimana respon dari media pembelajaran gerbang logika berbasis Augmented Reality (AR) yang telah dikembangkan?; (2) bagaimana kelayakakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) untuk matakuliah Sistem Digital materi gerbang logika?. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan waterfall yang terdiri dari 4 langkah yaitu: analisis, desain, pengkodean dan pengujian. Sampel penelitian ini mahasiswa Prodi Pendidikan Teknologi Informasi Unesa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket validitas dan angket respon terhadap media pembelajaran AR Sistem Digital. Kemudian untuk mengetahui kelayakan media menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan ini adalah: (1) Respon mahasiswa setelah menggunakan media pembelajaran dengan Augmented Reality Sistem Digital menunjukkan hasil yang baik sebesar 88,75% dengan kategori “Sangat Layak”; (2) Hasil penilaian kelayakan materi oleh ahli materi mendapatkan persentase 91,07% dengan kategori “Sangat Layak”. Penilaian kelayakan oleh ahli media mendapatkan persentase 91,4% dengan kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian media pembelajaran Augmented Reality Sistem Digital ini dapat digunakan dalam pembelajaran dengan kategori “Sangat Layak”.
Kata Kunci: Augmented Reality , Media Pembelajaran, Sistem Digital.
This research was conducted to develop learning media based on Augmented Reality in Digital Systems courses on logic gate material, so that students are able to study independently without limited space and time and to increase student interest in learning. The following is the formulation of this research problem: (1) how is the response of the Augmented Reality (AR) based logic gate learning media that has been developed ?; (2) how is the feasibility of Augmented Reality (AR) based learning media for Digital System logic logic courses ?. This type of research is research and development. This study uses a waterfall development model consisting of 4 steps: analysis, design, coding and testing. The sample of this study was Unesa Information Technology Education Study Program students. Data collection techniques used were questionnaire validity and questionnaire responses to the learning media AR Digital Systems. Then to determine the feasibility of the media using descriptive statistical data analysis techniques. The results of this research are: (1) Student responses after using learning media with Augmented Reality Digital Systems showed good results of 88.75% with the category "Very Eligible"; (2) The results of the material feasibility assessment by material experts get a percentage of 91.07% with the category "Very Eligible". Eligibility assessment by media experts gets a percentage of 91.4% with the category "Very Eligible". Thus the Digital Augmented Reality learning media system can be used in learning with the category "Very Eligible".
Keywords: Augmented Reality , Learning Media, Digital Systems.