EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MATERI VIDEO DI KELAS X SMK NEGERI 7 SURABAYA
THE EFFECTIVENESS OF USING THE FLIPPED CLASSROOM LEARNING MODEL ON STUDENTS' CONCEPT UNDERSTANDING IN VIDEO MATERIAL IN CLASS X SMK NEGERI 7 SURABAYA
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang didapat dalam penerapan model pembelajaran Flipped Classroom pada peserta didik kelas X TAV di Sekolah SMK Negeri 7 Surabaya. Berdasarkan hasil observasi melalui metode wawancara di SMK Negeri 7 Surabaya, dapat dilihat bahwa para guru bidang studi khususnya guru mata pelajaran Teknik Audio Video belum membiasakan diri maupun menggunakan model pembelajaran secara efektif karena keterbatasan waktu, biaya, dan tenaga sehingga berdampak pada kurang maksimalnya kegiatan belajar mengajar. Artinya, capaian pembelajaran tersebut bukan hanya dilihat dari capaian nilai yang belum tuntas tetapi juga dapat dilihat dari minimnya pemahaman peserta didik terhadap materi yang diberikan oleh guru.
Flipped Classroom sebagai salah satu model pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam menerima pembelajaran. Pemahaman merupakan proses berfikir dan belajar. Dikatakan demikian karena untuk menuju ke arah pemahaman perlu diikuti dengan belajar dan berfikir. Dengan pengetahuan saja siswa belum tentu memahami sesuatu yang dimaksud secara mendalam, hanya sekedar mengetahui tanpa bisa menangkap pemahaman. Siswa yang memiliki pemahaman dalam pelajaran tidak hanya mendengarkan sesuatu yang dipelajari tetapi juga mampu untuk menggambarkan serta memahami konsep dari pelajaran.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu pendekatan yang menekankan analisisnya pada data-data numeric (angka) yang diolah dengan metode statistik. Sebagaimana telah dijelaskan penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dimana alam penelitian ini akan ditetapkan dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.Kelompok kontrol adalah kelompok yang tidak diberi perlakuan (treatment),sedangkan kelompok eksperimen adalah kelompok yang diberi perlakuan (treatment).
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji homogenitas,uji normalitas, uji paired sample t test,dan uji n-Gain . analisis data yang telah dilakukan,terdapat perbedaan rata-rata yang dihasilkan oleh kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom dan kelas kontol dengan metode ceramah.Kelas kontrol hanya mendapatkan rata-rata post-test dengan nilai 67.17.Kelas eksperimen dengan model Flipped Classroom mendapatkan nilai 86,33. Berdasarkan Uji N-gain perolehan skor n-gain dari kelas kontrol hanya mendapatkan nilai 7 %. Sedangkan perolehan skor di kelas eksperimen adalah 80%. Hal ini menunjukkan berdasarkan tabel interpretasi n-gain),maka kelas eksperimen memiliki klasifikasi efektivitas yang tinggi.Sedangkan Kelas kontrol memiliki klasifikasi Efektivitas yang rendah.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini terdapat peningkatan serta perbedaan antara kelas yang menggunakana model pembelajaran Flipped Classroom dan yang tidak menggunakan model pembelajaran flipped classrom.Hal tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran Flipped Classroom memiliki efektivitas yang baik dalam pemahaman peserta didik di mata pelajaran video.
Kata kunci : Efektivitas, Model pembelajaran Flipped Classroom,teknik audio video.
This research was conducted to find out how the influence was obtained in the application of the Flipped Classroom learning model to class X TAV students at SMK Negeri 7 Surabaya. Based on the results of observations through the interview method at SMK Negeri 7 Surabaya, it can be seen that subject teachers, especially Audio Video Engineering subject teachers, have not gotten used to or used the learning model effectively due to limited time, cost, and manpower so that the impact on learning activities is less than optimal. teach. That is, the learning outcomes are not only seen from the achievement of scores that have not been completed but can also be seen from the lack of students' understanding of the material provided by the teacher.
Flipped Classroom as a learning model is thought to be able to increase students' understanding in receiving learning. Understanding is a process of thinking and learning. It is said so because to lead to understanding needs to be followed by learning and thinking. With knowledge alone students do not necessarily understand something that is meant in depth, they just know without being able to grasp understanding. Students who have an understanding in the lesson not only listen to something that is learned but are also able to describe and understand the concept of the lesson.
In this study using a quantitative approach, namely an approach that emphasizes its analysis on numerical data (numbers) processed by statistical methods. As has been explained, this research is a quasi-experimental research where in the nature of this research two groups will be determined, namely the control group and the experimental group. The control group is the group that was not given treatment, while the experimental group is the group that was given treatment.
Data analysis techniques in this study used homogeneity tests, normality tests, paired sample t tests, and -gain Test. From the data analysis that has been done, there is an average difference produced by the experimental class using the Flipped Classroom learning model and the control class using the lecture method. The control class only gets a post-test average with a score of 67.17. The experimental class with the Flipped Classroom model gets value 86.33. Based on the N-gain test, the n-gain score obtained from the control class only got a value of 7%. Meanwhile, the score obtained in the experimental class was 80%. This shows based on the n-gain interpretation table),
So it can be concluded that in this study there were improvements and differences between classes that used the Flipped Classroom learning model and those that did not use the Flipped Classroom learning model. This proves that the Flipped Classroom learning model has good effectiveness in understanding students in video subjects.
Keywords: Effectiveness, Flipped Classroom learning model, audio video technique.