Abstrak
Penelitian ini membahas penerapan strategi pembelajaran aktif sepak bola verbal terhadap kemampuan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin pada siswa kelas X Lintas Minat SMA Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo. Belajar menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin lebih mudah jika menggunakan strategi pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalah strategi pembelajaran aktif sepak bola verbal. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh deskripsi tentang (1) proses penerapan strategi pembelajaran aktif sepak bola verbal dalam pembelajaran menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin pada siswa kelas X Lintas Minat SMA Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo, (2) pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif sepak bola verbal terhadap kemampuan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin pada siswa kelas X Lintas Minat SMA Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo, dan (3) respon siswa kelas X Lintas Minat SMA Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo terhadap penerapan strategi pembelajaran aktif sepak bola verbal dalam pembelajaran menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin. Penelitian eksperimen ini menggunakan one-group pretest-posttest design. Teknik dan instrumen pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik tes pretest-postest, dan teknik angket. Data observasi dan data angket respon dianalisis menggunakan teknik persentase, sedangkan data tes dianalisis dengan rumus uji t.
Setelah dilakukan analisis, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Proses penerapan strategi pembelajaran aktif sepak bola verbal berjalan baik. Hasil observasi aktivitas guru mendapat persentase sebesar 77,3%. Hasil observasi aktivitas siswa mendapat persentase sebesar 85%. (2) Strategi pembelajaran aktif sepak bola verbal memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin siswa. Hasil analisis data pre-test dan post-test diperoleh hasil uji t-signifikasi dengan t-test = 18,36 dan db = 19. Berdasarkan tabel taraf 5% (0,05) = 0,95, hal ini menunjukkan nilai t-test lebih besar daripada t-tabel (18,36 > 0,95). (3) Penerapan strategi pembelajaran aktif sepak bola verbal mendapatkan respon yang baik dari siswa. Hasil analisis angket respon siswa yang terdiri atas sepuluh butir pernyataan menghasilkan persentase berkisar antara 81%-100%.
Kata Kunci: sepak bola verbal, strategi pembelajaran aktif, menyusun kalimat.
Abstract
This research discusses the application of verbal football active learning strategies on the ability to compose simple Mandarin sentences for grade X students Cross-Interest SMA Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo. Learning to compose simple Chinese sentences is easier when using learning strategies. The one of learning strategies that can be used is an a verbal football active learning strategies. The purpose of this research was to obtain a description of (1) the process of applying verbal football active learning strategies in learning to compose simple Mandarin sentences for grade X students Cross-Interest of SMA Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo, (2) the effect of applying verbal football active learning strategies to the ability to compose simple Chinese sentences for grade X students Cross-Interest of SMA Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo, and (3) the responses of grade X students Cross-Interest from SMA Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo to the implementation of verbal football active learning strategies in learning to compose simple Chinese sentences. This experimental research uses one-group pretest-posttest design. The research data collection techniques and instruments used observation, the pretest-posttest test technique, and the questionnaire technique. Observation data and questionnaire response data were analyzed using percentage techniques, while test data were analyzed using the t-test formula.
After analysis, The following results are obtained: (1) The process of applying verbal football active learning strategies is going well. The results of teacher activities observations get a 77,3% percentage. The results of student activities observations get a 85% percentage. (2) Verbal football active learning strategies have a positive influence on the student’s ability to compose simple Chinese sentences. The results of the pre-test and post-test data analysis obtained the results of the t-test significance with t-test = 18,36 and db = 19. Based on a table of 5% (0,05) = 0,95, this shows that the t-test value is greater than t-table (18,36> 0,95). (3) The application of verbal football active learning strategies get good responses from students. The results of the questionnaire analysis of student responses consisting of ten items produced a percentage ranging from 81% -100%.
Keywords: verbal football, active learning strategies, composing sentences.