Pengaruh Melihat Konten Food Vlogger Instagram @kokodiett Terhadap Keputusan Pembelian Followers
The Influence of Viewing Instagram Food Vlogger @kokodiett's Content on Followers' Purchasing Decisions
Transformasi teknologi masa kini terjadi begitu cepat. Kehadiran media online mempermudah pekerjaan manusia termasuk dalam kegiatan promosi produk atau jasa. Hal tersebut mendorong masyarakat untuk memanfaatkan peluang ini sebagai sebuah profesi seperti food vlogger. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh melihat konten food vlogger instagram terhadap keputusan pembelian. Populasi pada penelitian ini adalah pengikut instagram @kokodiett yang memenuhi kriteria. Teknik penentuan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling, dimana sampel berjumlah 100 responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan memanfaatkan data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui observasi, penyebaran kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten food vlogger @kokodiett berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan presentase sebesar 38,6%. Penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan faktor-faktor marketing konten agar dapat membuat pelanggan puas dan melakukan pembelian, serta menjadi acuan perbaikan bagi penelitian selanjutnya,
Kata Kunci: Konten instagram, Food vlogger, Keputusan pembelian.
Today's technological transformation is happening so fast. Presence Online media makes human work easier, including: promotional activities for products or services. This is encouraging community to take advantage of this opportunity as a professions such as food vlogger. This research aims to test the influence of viewing Instagram food vlogger content on buying decision. The population in this study is Instagram followers @kokodiett who meet the criteria. Technique determining the sample using the purposive method sampling, where the sample consists of 100 respondents. Study This is quantitative research using data primary and secondary data collected through observation, distributing questionnaires, and documentation. Research result shows that the content of food vlogger @kokodiett influence purchasing decisions by percentage amounting to 38.6%. It is hoped that this research can be utilized to improve content marketing factors so that you can make customers satisfied and make purchases, as well serve as a reference for improvement for further research,
Keywords: Instagram content, Food vlogger, Purchase decision.