THE INFLUENCE OF HISTORY LEARNING OF SOCIAL SCIENCE METHODS OF SNOWBALL THROWING METHOD OF COMPETENCE KNOWLEDGE OF CLASS XI IPS 1 STUDENTS OF SMAN 1 NGRAHO BOJONEGORO
Kurangnya pemahaman bagi siswa ketika proses pembelajaran merupakan salah satu permasalahan yang dialami dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang membosankan dan tidak menyenangkan membuat siswa kurang melakukan sebuah interaksi sosial mendorong yang untuk melakukan segala kegiatan belajar dengan senang, sehingga mengahambat aktivitas belajar yang akan menambah tingkat kompetensi pengetahuan siswa . Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh dan besar pengaruh pembelajaran sejarah peminatan ilmu-ilmu sosial metode snowball throwing terhadap kompetensi pengetehauan siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Ngraho Bojonegoro. Dimana nilai variabel X (snoball throwing) yang tinggi akan mempengaruhi nilai variabel Y (kompetensi pengetahuan), begitu juga sebaliknya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan termasuk penelitian ex-post facto (penelitian non eksperimen). Sampel diambil dengan cara Purposive Proposional Cluster Sampling. Pembelajaran sejarah peminatan ilmu-ilmu sosial metode snowball throwing mempunyai pengaruh terhadap peningkatan kompetensi pengetahuan siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Ngraho Bojonegoro. Diketahui dari uji korelasi Product Moment diperoleh nilai rhitung sebesar 0,702 dengan sig 0,000. Dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara pembelajaran sejarah peminatan ilmu-ilmu sosial metode snowball throwing terhadap kompetensi pengetahuan siswa kelas XI IPS 1 dengan tingkat hubungan kuat, dan korelasi tersebut signifikan karena (p : 0,000) < 0,05. Diperoleh data dari tabel summary yang merupakan hasil uji regresi linier sederhana pada SPSS menunjukkan nilai R Square sebesar 0,493. Sehingga dapat disimpulkan besarnya pengaruh pembelajaran sejarah peminatan ilmu-ilmu sosial metode snowball throwing terhadap kompetensi pengetahuan siswa sebesar 49,3%.
Kata Kunci: Metode Snowball Throwing, Kompetensi Pengetahuan, Sejarah Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial.
ABSTRACT
Lack of understanding for students when the learning process is one of the problems experienced in the learning process. Tedious and unpleasant learning makes students lack of social interaction encouraging them to do all learning activities with pleasure, thereby inhibiting learning activities that will increase the level of competency of students' knowledge. This research aimed to explain the effect and how much learning historical specialization social sciences with snowball throwing method to competency knowledge student XI IPS 1 class at SMAN 1 Ngraho Bojonegoro. Where the high value of variable X (snowball throwing) will affect the value og variable Y (knowledge competence), and vice versa. This research uses quantitatif method and including kinf of ex-post facto research (research non experiment). Sample of the research were collected through puposive proposional cluster sampling. Learning historycal specialization social sciences with snowball throwing method have effect that improvement of students knowledge competence at class XI IPS 1 SMAN 1 Ngraho Bojonegoro. Known Product Moment correlation test obtained value (r) of 0,702 with significant 0,000. It can be conclude that correlation between learning historical specialization sciences with snowball throwing method against competency student knowledge of class XI IPS ! with strong level relation and correlation is significant because (p : 0,000) < 0,05. It was obtained data from table summary is that result linear regression simple test on SPSS showed value R square is 0,493. So it can be conclude impact of learning historical specialization social sciences with snowball throwing method to competency knowledge student is 49,3 %
Keywords: Snowball throwing method, knowledge competences, history preference subject for student in social knowledges.